Penyaluran zakat beberapa waktu lalu. (ist)

Karimun, Lendoot.com – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Karimun siap menyalurkan zakat triwulan I tahun 2021 sebesar Rp450 juta pada bulan Ramadhan mendatang.

Ketua Baznas Karimun Nasrial mengatakan, penyaluran zakat triwulan itu, ditargetkan akan diberikan kepada 800 mustahiq di 12 kecamatan wilayah Kabupaten Karimun.

“Penyalurannya berupa uang, karena apabila kita berikan sembako, itu kurang praktis. Kebutuhannya A nanti yang diberikan B,” kata Nasrial, Rabu (31/3/2021).

Ia mengatakan, mustahiq di wilayah Karimun, saat ini melibatkan RT dan RW setempat melalui pendataan yang dilakukan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) sekaligus melakukan verifikasi. Nantinya, melalui data itu, Baznas Karimun akan melakukan penyaluran.

“Tentu para UPZ itulah yang mengetahui siapa-siapa yang berhak menerima. Karena UPZ itu dia bekerjasama dengan RT dan RW. Jadi orang miskin yang ada di daerah dia, mereka lah yang tahu,” kata Nasrial.

Menurut Nasrial, jika berpedoman pada tahun 2020, mustahiq di Karimun tercatat berjumlah 1.200 orang yang tersebar di 12 kecamatan.

“Tahun lalu itu, data kita ada 1.200 mustahiq. Nanti seiring berjalan akan terjadi penambahan,” katanya.

Nasrial berharap zakat yang akan disalurkan nantinya dapat meringankan beban masyarakat yang memang membutuhkan.

“Pada dasarnya kita bekerja secara amanah, profesional dan transparan. Karena ini hak masyarakat miskin,” katanya. (rko)