Suasana Latihan perbantuan yang diikuti seluruh satuan di Kodim 0317/TBK
Suasana Latihan perbantuan yang diikuti seluruh satuan di Kodim 0317/TBK (Ist)

Karimun, Lendoot.com – Dalam rangka tugas perbantuan keamanan kepada Polri yang diatur dalam Undang-undang diwilayah, Korem 033/WP menggelar latihan Posko I di Kodim 0317 Tanjungbalai Karimun 2017. Latihan ini dibuka langsung oleh Komadan Korem 033/WP Brigjend Fachri, Selasa (13/6/2017).

Komadan Korem 033/WP Brigjend Fachri mengatakan, kegiatan latihan Posko I Kodim 0317/TBK tersebut bertujuan untuk melatih kesiapan prosedur hubungan dan staf dalam melaksanakan tugas perbantuan.

“Kegiatan ini tujuannya adalah untuk memantapkan kesiapan prosedur hubungan dan staf dalam menangani berbagai macam konflik yang terjadi di daerah,” kata Danrem 033/WP di sela-sela Pelaksanaan kegiatan tersebut, Selasa (13/06/2017).

Fachri menjelaskan, dalam kegiatan ini juga dilakukan penilaian dari masing-masing satuan sebagai acuan kemampuan yang dimiliki oleh anggota.

“Penilaian dari masing-masing kesigapan satuan juga kita lakukan, dengan tujuan dapat mengetahui bahan serta kemampuan yang akan menjadi evaluasi untuk kedepannya,” jelasnya.

Lanjutnya, latihan ini dihadapkan dengan kondisi berbagai macam konflik yang terjadi, sehingga dapat melatih tugas perbantuan terhadap pemerintah daerah maupun kepolisian mengatasi permasalahan konflik Komunal apabila benar-benar terjadi.

“Latihan ini dihadapkan dengan kondisi sebenarnya, sehingga dapat melatih kesigapan dalam tugas perbantuan,” ucapnya. (ian)