Karimun, Lendoot.com – Tim Fleet One Quick Respons (F1QR) Lanal Tanjungbalai Balai Karimun menangkap Kapal KM. Putri Maira Jaya, Tonage 06 GT yang diduga memuat bawang merah ilegal asal Malaysia.

Kapal yang mengangkut bawang merah asal Malaysia tersebut diamankan di Perairan Tanjung Sebatak Leho Kecamatan Tebing Kabupaten Karimun, Minggu (9/12/2018).

Danlanal TBK Letkol Laut (P) Catur Yogiantoro mengatakan bahwa penangkapan kapal tersebut berawal dari adanya informasi Intelijen bahwa di Batu Pahat Malaysia ada kegiatan muat bawang merah ke kapal pengangkutan yang akan dibawa ke Karimun.

Mendapat informasi tersebut, Lanal TBK langsung bergerak cepat dengan menerjunkan Tim F1QR untuk melakukan patroli laut di perairan Karimun.

“Dari hasil patroli laut di Perairan Karimun, anggota kita melihat ada satu kapal yang mencurigakan. Selanjutnya dilaksanakan prosedur pengejaran, penangkapan, dan penyelidikan, dilanjutkan dengan pemeriksaan dan penggeledehan,” kata Danlanal TBK, Letkol Laut (P) Catur Yogiantoro.

Setelah dilakukan pemeriksaan secara teliti ternyata kapal berlayar dari Batu Pahat Malaysia tidak dilengkapi dengan dokumen Port Clearence atau Surat Persetujuan Berlayar (SPB) dan muatan bawang merah tanpa dilengkapi dokumen manifest.

Diketahui nahkoda KM Putri Maira Jaya inisial JN dengan ABK 2 orang, sementara untuk hasil pemeriksaan jumlah muatan bawang merah dikapal tersebut diperkirakan 3 ton.

Menurut komandan Lanal Tanjungbalai Karimun, perbuatan tersebut melanggar pasal 323 (1) undang-undang nomor 17 Tahun 2008 tentang pelayaran.

Saat ini kapal tersebut telah diamankan di Dermaga Mako Lanal Tanjungbalai Karimun untuk proses lebih lanjut. (Parulian Turnip)