Anggota Posmal Lanal TBK memberikan sosialisasi kepada para nelayan tentang keselamatan berlayar di laut
Anggota Posmal Lanal TBK memberikan sosialisasi kepada para nelayan tentang keselamatan berlayar di laut (Ist)

Karimun, Lendoot.com – Jajaran Pos angkatan laut (Posal) dan Posmat TNI AL (Pos Pengamat TNI AL) Lanal Tanjungbalai Karimun melakukan sosialisasi keselamatan di laut kepada masyarakat dan nelayan di dermaga pelabuhan Tanjungbatu pulau Kundur, Kabupaten Karimun, Selasa (7/11/2017) kemarin.

Kegiatan seperti ini sebelumnya juga telah dilakukan di pulau dan pesisir yang ada di wilayah kerja Lanal Tanjungbalai Karimun. Program sosialisasi ini telah berlangsung cukup lama yang dilakukan setiap tiga bulan sekali.

Paspotmar Lanal Tanjungbalai Karimun, Letda Laut (P) Hendriyono menyampaikan bahwa, dalam sosialisasi tersebut pihaknya menyampaikan beberapa materi terkait keselamatan di laut bagi nelayan dan masyarakat yang ingin berlayar.

“Seperti membawa perlengkapan life jacket, pelampung dan memperhatikan perubahan cuaca saat pergi melaut,” kata Paspotmar Lanal Tanjungbalai Karimun, Letda Laut (P) Hendriyono, Rabu (8/11/2017).

Selain masalah keselamatan berlayar, nelayan dan masyarakat juga diingatkan agar tidak membuang sampah ke laut.

Sementara bagi pemilik kapal pihaknya menekankan agar dapat melengkapi keselamatan kapal di laut.

“Adanya laka laut yang sering terjadi pada nelayan, karena tidak adanya kesadaran membawa alat keselamatan seperti life jacket dan pelampung,” ucapnya.

Dalam waktu dekat, Lanal TBK akan mengadakan sosialisasi dan bakti sosial kepada masyarakat dan nelayan Karimun yang disejalankan dengan pemberian life jacket di Gedung Nasional. (ian)