Kondisi lahan kosong Pasar Pukang. Foto diambil siang tadi.
Kondisi lahan kosong Pasar Pukang. Foto diambil siang tadi. (ian)

Karimun, Lendoot.com – Sejak dipindahkannya pedagang dari Pasar Puakang ke Pasar Puan Maimun pada 2015, membuat lahan bekas pasar lama tersebut dalam kondisi tidak terawat.

Dari pantauan Lendoot.com di lokasi bekas pasar terbesar di Karimun, Rabu (1/2/2017), semak belukar tumbuh di sana-sini, bangunan liar juga terlihat berdiri di atas sisa puing-puing pembongkaran pasar lama tersebut.

Selain rumput belukar, kawasan itu juga dipenuhi sampah dan bagian sisi lahan luangnya tampak menjadi tempat parkir mobil bagi warga yang bermukim di  kawasan tersebut.

Saat dikonfirmasi oleh Lendoot.com terkait terlantarnya lahan bekas pasar Puakang ini kepada kepala Dinas Disperidag Kabupaten Karimun, Muhammad Yosli mengatakan lahan tersebut memang sudah lama tidak terurus dan itu sudah menjadi titik pantau bupati Karimun.

Untuk itu rencananya pemerintah daerah merencenakan lahan tersebut akan dijadikan taman kota.

“Lahan itu kan memang sudah lama kosong, dan itu sudah masuk sebagai titik pantau pak bupati. Ke depannya kita akan lakukan pembenahan. Tapi ini perlu didudukkan bersama-sama dengan SKPD terkait apakah nantinya bisa dipergunakan untuk taman kota atau alternatif yang lain,” kata Yosli, Rabu (1/2/2017).

Hanya saja, menurutnya, rencana untuk menjadikan lahan tersebut sebagai taman kota masih belum dapat dipastikan secara langsung. Sebab itu semua masih harus menunggu hasil pembahasan dengan DPRD Karimun serta SKPD terkait.

“Yang jelas secepatnya akan kita lakukan pembenahan dikawasan tersebut,” ujar Yosli. (ian)