Tim gugus tugas penangan Covid-19 Kabupaten Karimun sedang memberikan keterangan pers beberapa waktu lalu. (dok lendoot)

Karimun, Lendoot.com – Jumlah pasien positif Covid-19 di Kabupaten Karimun semakin hari semakin berkurang. Terbaru, satu orang pasien kembali dinyatakan sembuh dari Covid-19, Sabtu (9/5/2020).

Pasien 04 Covid-19 itu dinyatakan sembuh oleh Dinas Kesehatan Karimun usai hasil Polymerase chain reaction (PCR) dari Badan Teknis Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKL-PP) Kota Batam menunjukkan dua kali negatif Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Karimun Rachmadi mengatakan, kesembuhan pasien 04 terkonfirmasi setelah pihaknya menerima hasil PCR Sabtu (9/5/2020).

“Alhamdulillah, ada satu lagi yang dinyatakan sembuh yakni pasien 04,” kata Kepala Dinas Kesehatan Karimun Kepri, Rachmadi.

Ia mengatakan pasien 04 tersebut dinyatakan sembuh setelah tes swab ke-3 dan ke-4 menunjukkan hasil negatif. Tes swab ke-3 diterima Dinkes Karimun Kepri pada Kamis (7/5/2020) lalu. Sementara hasil tes ke-4 diterima pada Sabtu ini.

“Pasien masih dalam pemantauan kita di RSUD M Sani. Ia segera dipindahkan ke ruang inap biasa untuk kemudian diobservasi sebelum dipullanhkan ke rumah,” katanya.

Setelah diperbolehkan pulang nanti, Rachmadi menyebutkan, pasien 04 tersebut tetap harus menjalani masa isolasi mandiri selama 14 hari di rumahnya.

Begitu selesai menjalani masa isolasi mandiri selama 14 hari, jika diperlukan, Dinkes Karimun akan menerbitkan surat keterangan sembuh.

“Itu sifatnya normatif saja, kalau pasien butuh, mungkin untuk bisa masuk kerja lagi, kita akan keluarkan,” kata Rachmadi.

Sembuhnya satu pasien positif Covid-19, dengan begitu, kini tinggal satu orang pasien positif Covid-19 di Karimun.

“Satu lagi, cucu dari kluster kakek 90 tahun itu juga. Sekarang ia masih kita lakukan perawatan intensif di ruang Isolasi RSUD,” katanya.

Rachmadi menyebutkan, pasien 05 itu dalam hasil.pemeriksaan swab ketiga masih menunjukkan positif Covid-19. Saat ini, pihaknya masih menunggu hasil keempat swab di BTKL-PP Batam.

“Meski begitu, kondisi pasien 05 tersebut saat ini dalam keadaan stabil. Hal itu dikarenakan ia sebelumnya adalah pasien tanpa gejala (OTG),” katanya.

Selain itu, Rachmadi mengatakan saat ini pihaknya juga sedang menunggu hasil swab seorang pasien deqasa berusia 41 tahun yang sebelumnya berstatus OTG. Terhadapnya sekarang, masih dilakukan isolasi mandiri ketat di rumahnya.

“Ia kami swab setelah hasil rapid tesnya reaktif. Isolasinya ketat, lagipula dia OTG, sudah kami cek juga, selain itu juga ada jaminan dari keluarga,” kata Rachmadi. (rk)