Secara simbolis, dengan mengenakan bus antik Karimun, Pjs Guberkur Kepri Bahtiar menaikinya saat acara sosialisasi Prokes di Karimun, siang tadi. (ist)

Karimun, Lendoot.com – Pjs Gubernur Kepulauan Riau Bahtiar melakukan Kunjungan Kerja Kunker) ke Kabupaten Karimun, Minggu (15/11/2020).

Kunker tersebut dalam rangka penyerahan bantuan masker, peninjauan penerapan protokol kesehatan (Prokes). Peninjauan dilakukan pada setiap pelayanan publik, serta koordinasi terkait kesiapan pelaksanaan Pilkada Serentak di Kabupaten Karimun.

Yang mendampingi Kunker tersebut di antaranya; Kepala Badan Kesbangpol Linmas Lamidi, Kepala BPBD Budiharto, Kepala Dinas Sosial Doli Boniara, Plt. Kepala Satpol PP, Juru Bicara Satgas Penanganan Covids Tjetjep Yudiana serta beberapa pejabat Dinas terkait.

Setibanya di Pelabuhan Tanjungbalai Karimun, Bahtiar langsung menuju ke kediaman Pjs Bupati Karimun guna menghadiri acara penyerahan bantuan masker. Acara dilanjutkan Rapat Koordinasi Kesiapan Pilkada Serentak di Gedung Nasional, dan kegiatan diakhiri dengan berbagi masker di Coastal Area dan Peninjauan Protokol kesehatan di pelabuhan Tanjungbalai Karimun.

Ketika di Coastal Area sembari berbagi masker, Bahtiar juga menyosialisasikan penggunaan masker yang baik dan benar serta mengajak masyarakat untuk displin menerapkan protokol kesehatan. Ini guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Masker ini senjata untuk pertahanan kita mencegah masuknya virus covid melalui saluran pernapasan. Oleh karena itu, saya himbau pakai masker yang benar dengan menutup hingga ke bagian hidung yamg merupakan jalur masuknya covid. Mari bersama, kita putus penyebaran virus ini dengan disiplin menerapkan 3 M, yaitu memakai masker, menghindari kerumunan dan mencuci tangan,” ajaknya.

Setelah di Coastal Area, Dirjen Polpum Kemendagri ini beserta rombongan kembali ke Tanjungpinang melalui Pelabuhan Tanjungbalai Karimun. Sebelum kembali ke Ibukota provinsi, dirinya melakukan kembali pembagian masker di Pelabuhan Tanjungbalai Karimun kepada para penumpang yang baru tiba, petugas penjaga tiket, petugas keamanan hingga porter pelabuhan.

“Perlu untuk dipantau terus agar penumpang disiplin menggunakan masker dan memperbanyak tempat cuci tangan atau sediakan handsanitizer. Ini harus secara ketat kita laksanakan karena pelabuhan adalah tempat interaksi dan bertemunya manusia dari berbagai daerah yang bisa menjadi area penyebaran dan penularan,” pesannya kepada pengelola Pelabuhan. (*/rilis)

Bagi 100 Ribu Masker untuk Kabupaten Karimun

Pjs Gubernur Kepulauan Riau Bahtiar menghadiri acara Penyerahan Bantuan 100 ribu masker kepada Pemerintah Kabupaten Karimun di Rumah Dinas Bupati Karimun, Ahad (15/11/2020).

Turut hadir pada acara ini, Kepala Badan Kesbangpol Linmas Lamidi, Kepala BPBD Budiharto, Kepala Dinas Sosial Doli Boniara, Plt. Kepala Satpol PP, Juru Bicara Satgas Penanganan Covids Tjetjep Yudiana serta FKPD Kabupaten Karimun.

Penyerahan bantuan masker dari Pemprov Kepri kepada Pemerintah Kabupaten Karimun, jelas Bahtiar merupakan tindak lanjut dari Gerakan Berbagi 5 Juta masker yang telah dilaunching oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Selasa (10/11) di Hotel Radisson, Kota Batam.

“Target kita bisa terbagi 5 Juta masker, namun laporan terakhir yang masuk terkumpul 6,29 juta masker. Kabupaten Karimun mendapatkan bantuan 100 ribu masker, yang saya harap segera didistribusikan ke masyarakat, pastikan seluruh masyarakat menerimanya, serta ajak masyarakat untuk disiplin menggunakannya,” harapnya.(*/rilis)