Sejumlah siswa sekolah bergelantungan di jembatan yang rusak ketika menuju sekolahnya. (republika.com.)

Penulis: Aal Aulia, Kordinator Hubungan Pemerintahan dan Kebijakan Publik PMII Karimun

Aal Aulia, Kordinator Hubungan Pemerintahan dan Kebijakan Publik PMII Karimun
Aal Aulia, Kordinator Hubungan Pemerintahan dan Kebijakan Publik PMII Karimun

Sesuai amanat UUD (Undang-undang Dasar) 45 yang salah satu isinya tentang peran negawa mencerdaskan kehidupan bangsa, sepertinya perlu kembali diingatkan kepada penyelenggara pemerintahan saat ini.

Para pendiri negeri ini pernah membuat UUD 45 itu, khususnya tentang pentingnya perhatian terhadap pendidikan, tentu memiliki maksud. Salah satunya, menciptakan generasi masa depan yang lebih baik sehingga negeri ini akan dititipkan lebih baik setelah diperjuangkan sebelumnya.

Pada hakikatnya, masa depan suatu bangsa terletak pada generasi mudanya. Dalam artian, para pemudalah yang akan menggatikan dan mengisi generasi sebelumnya dalam memimpin dan membawa negara ini.

Untuk itu, pendidikan sebagai salah kunci keberhasilan pemimpin masa depan tersebut. Apa fungsi dan tugas pemerintah saat ini? Menyiapkan generasi mudanya dengan pendidikan yang berkualitas.

Kualitas pendidikan yang meningkat akan menciptakan manusia Indonesia seutuhnya. Pengetahuan baik formal maupun informal tentu penting, tetapi menjadi manusia Indonesia seutuhnya lebih, ternyata lebih penting.

Pendidikan yang berhasil tak hanya mengejar nilai-nilai pelajaran atau nilai mata kuliah semata. Pendidikan yang berhasil adalah yang mampu menciptakan moral generasi yang baik, memiliki rasa cinta terhadap sesama, dan memiliki nilai-nila mulia yang dapat diterapkannya dalam kehidupan.

Pendidikan generasi muda diharapkan menjadi pendidikan yang bertengger pada gerakan menuju perubahan. Di dalam pembangunan nasional, bukan hanya pembangunan fisik saja yang diperlukan melainkan kualitas mental yang membawa generasi penerus bangsa yang mampu meniptakan perubahan sosial.

Oleh sebab itu pemerintahan harus cepat menanggapi peningkatan mutu pendidikan di negeri ini. Pendidikan yang lebik baik sehingga terciptanya generasi yang bekualitas dan menambah motivasi belajar generasi.

Harus kita akui masih banyak kelemahan pada program peningkatan kualitas pendidikan kita saat ini. Semoga tulisan ini menjadi bahan pengingat kita, khususnya para pembuat kebijakan di pemerintahan yang menangani bidang pendidikan. (*)