Penumpang yang turun dari kapal di Pelabuhan Domestik Tanjung Balai Karimun, kemarin. (ian)
Penumpang yang turun dari kapal di Pelabuhan Domestik Tanjung Balai Karimun, kemarin. (ian)

Karimun, Lendoot.com – Kabupaten Karimun menduduki peringkat pertama sebagai pelabuhan tersibuk di Provinsi Kepri. Hal ini dikatakan oleh Kepala Seksi Lalu Lintas Laut Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjungbalai Karimun, Syafrizal.

“Batam ada 45.933 penumpang hilir mudik, Tanjungpinang 40.648. Ini menurut data sementara, Kota Batam bisa saja menyusul, karena hanya beda tipis dengan Karimun. Karimun masih tertinggi jumlahnya,” ujar Syafrizal, Senin (26/12/2016).

Syafrizal menambahkan, angka tersebut membuat Karimun sementara ini duduk diposisi pertama perlabuhan tersibuk di Provinsi Kepri. Sementara untuk posisi dua diduduki Batam dan Tanjungpinang di posisi ketiga.

Dari catatan pihaknya, hingga Sabtu (24/12/2016) tercatat 57.685 penumpang terdapat di pelabuhan Tanjung Balai Karimun. Di antaranya yang naik 29.089 dan turun 28.596 di pelabuhan domestik.

Ia menjelaskan, banyaknya jumlah penumpang singgah di Pelabuhan Domestik Tanjungbalai Karimun, disebabkan Karimun merupakan tempat transit penumpang dari berbagai daerah.

“Bagi penumpang dari Tanjungpinang atau Batam mau menuju daerah Riau, pastinya mereka singgah lebih dulu di Karimun,” katanya. (ian)