Kepala Seksi Penjagaan dan Penyelamatan (Kasi Gamat) KSOP Tanjungbalai Karimun saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (3/4/2017).(ian)
Kepala Seksi Penjagaan dan Penyelamatan (Kasi Gamat) KSOP Kelas II Tanjungbalai Karimun.(ian)

Karimun, Lendoot.com – Jaga keselamatan penumpang, Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Tanjungbalai Karimun rutin melakukan pengecekan kapal dan alat keselamatan seperti life jacket, pelambung, dan sekoci.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Seksi Penjagaan dan Penyelamatan (Kasigamat) KSOP Kelas II Tanjungbalai Karimun, Syahrinaldi saat ditemui beberapa hari yang lalu diruang kerjanya.

“Persiapan kita dalam menghadapi lebaran tahun ini, kita sudah mulai melakukan pengecekan dan mendata kapal-kapal penumpang tentang fungsi dan keselamatan yang ada di kapal secara rutin,” ucap Syahrinaldi.

Syahrinaldi menyebut, jika pihaknya menemukan life jaket yang tidak layak untuk digunakan, pihak kapal akan diminta untuk segera mengganti. Begitu juga dengan kapal yang kekurangan life jaket mereka akan meminta pihak kapal agar segera menambah life jaket didalam kapal tersebut.

“Selama pengecekan tidak ada masalah yang ditemukan. Dan kalau ada life jaket yang tidak layak untuk digunakan akan kita suruh diganti. Sedangkan bagi kapal yang kekurangan life jaket kita sudah suruh untuk menambahnya,” ujar Syahrinaldi.

Ia menambahkan bahwa, untuk kedepannya mereka akan melakukan uji petik secara acak terhadap kapal-kapal penumpang. Sebab keselamatan adalah hal yang paling utama dalam berlayar.

“Keselamatan itu tidak ada tawar menawar,” ujarnya. (ian)