Karimun, Lendoot.com – Kantor Syahbandandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Tanjungbalai Karimun menggelar apel siaga pengamanan Natal dan Tahun baru 2019 dihalamannya, Selasa (18/12/2018) pagi.

Apel siaga yang juga melibatkan TNI, Polri, Basarnas, Stasiun Karantina Kelas II TBK dan Pelabuhan Karimun itu dipimpin oleh PLT Kepala KSOP Karimun Mappeati.

Mappeati menyebutkan, dalam pengamanan masa mudik jelang natal dan tahun 2019 pihaknya bersama instansi lainnya telah siap dengan melakukan pengecekan kapal-kapal.

“Untuk kesiapan pengamanan arus mudik kita sudah siap 100 persen. Namun kami juga mengimbau kepada penyedia jasa angkutan laut untuk memperhatikan keselamatan selama berlayar,” sebutnya.

Mappeati mengatakan, lonjakan penumpang diprediksi akan terjadi H-2 natal yakni 23 Desember 2018 serta arus balik terjadi pada 3 Januari 2019. Apabila nantinya terdapat lonjakan penumpang, pihaknya akan melakukan penambahan kapal.

“Saat ini, lalu lintas di pelabuhan Karimun masih terlihat sepi. Diprediksi akan terjadi H-2 natal paxa 23 Desember 2018 mendatang, kita juga sudah siapkan kapal cadangan untuk lonjakan penumpang.

Mappeati menuturkan, Natal dan tahun baru kali ini diprediksi akan mengalami kenaikan sekitar 3 persen dibanding tahun 2017 lalu yang mencapai 180.005 dengan rata-rata penumpang yang melintasi pelabuhan Karimun sebanyak 11-12 ribu jiwa.

“Tahun ini diprediksikan mengalami kenaikan. Oleh karena itu penyedia jasa kita harapkan selalu berkoordinasi dengan pihak BMKG Karimun,” tuturnya.

Dikesempatan ini Mappeati juga mengimbau kepada seluruh calon penumpang kapal untuk tidak memaksakan diri apabila kapal sudah penuh demi menjaga keselamatan bersama.

“Kepada penumpang jangan memaksakan apabila kapal sudah penuh karena keselamatan merupakan hal yang paling utama. Semoga arus mudik natal dan tahun baru dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya kendala,” Imbaunya. (Riandi)