Ketua KPU Karimun saat mensosialisasikan warna kertas surat suara pemilu 2019 di Pelambung desa Pongkar kemarin.
Ketua KPU Karimun saat mensosialisasikan warna kertas surat suara pemilu 2019 di Pelambung desa Pongkar kemarin.

Karimun, Lendoot.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun melalui ketuanya, Eko Purwandoko melakukan sosialisasi pemilu kepada nelayan di Pelambung, desa Pongkar, Kecamatan Tebing, Kamis (10/1/2019) kemarin.

Dalam sosialisasi tersebut, Eko menjelaskan terkait tahapan pemilu yang akan digelar serentak pada 17 April 2019. Selain itu nantinya para pemilih akan mendapat lima surat suara yang berbeda.

“Jadi bapak-bapak nelayan kalau pada saat datang ke TPS hanya diberi empat surat suara. Nanti dapat ditanyakan kepada petugas kami ada ada di TPS,” kata Eko saat menjelaskan sosialisi kepada para nelayan.

Selain menjelaskan tentang tahapan sosialisasi, Ketua KPU juga memperkenalkan kelima surat suara yang memiliki warna berbeda di setiap surat suara.

Kelima surat suara yang dimaksud Eko yakni, surat suara untuk calon Presiden dan wakil presiden berwarna abu-abu, anggota DPR RI warna kuning, DPRD Provinsi warna biru, DPRD Kabupaten/kota warna hijau dan anggota DPD warna merah.

Sementara itu, bagi para pemilih yang namanya tidak terdaftar di DPT, tetap dapat mencoblos namun harus membawa E-KTP ke tempat pemungutan suara (TPS).

Eko berharap melalui sosialisasi ini pada 17 April 2019 mendatang, para pemilih khususnya nelayan yang mengikuti sosialisasi dapat meluangkan waktunya sebentar untuk datang ke TPS melakukan pencoblosan. (parulian turnip)