Ketua KPU Ahmad Sulton melepas Pantarlih di depan kantor KPU
Ketua KPU Ahmad Sulton melepas Pantarlih di depan kantor KPU

Karimun, Lendoot.com – Pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih dalam Pemilu 2019 mendatang yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun hingga saat ini baru menyelesaikan 94 persen.

Ketua KPU Kabupaten Karimun, Ahmad Sulton mengatakan pihaknya menargetkan proses pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih dalam Pemilu 2019 yang tinggal dua hari dapat diselesaikan.

“Sudah mencapai 94 persen, kita belum melakukan evaluasi di Minggu ke empat ini. Ditargetkan bisa selesai tepat waktu,” kata Ketua KPU Kabupaten Karimun Ahmad Sulton , Selasa (15/5/2018).

Menurut Sulton, data yang telah masuk ke KPU Karimun, sekitar seribu data pemilih ganda ditemukan selama masa coklit. Jumlah tersebut langsung dilakukan validasi dengan mengkroscek nama pemilih pada E KTP dan Kartu Keluarga.

“Pantarlih langsung mencoret temuan data ganda, tentu setelah divalidasi dengan mencocokkan NIK pada KTP atau kartu keluarga. Kita akan mebvalidasi seluruh data pemilih ganda sehingga tidak tercatat dua kali dalam daftar pemilih,” katanya.

Sulton menyebut terdapat beberapa kendala di lapangan yang ditemukan para petugas Pantarlih dalam masa coklit, hal tersebut menjadi dalah satu penyebab sedikit terlambatnya proses pencocokan data.

“Seperti ada beberapa warga yang terdaftar dalam data kita, namun saat dikunjungi sudah pindah domisili, ada juga yang penduduk baru yang belum masuk data. Namun itu kita sudah koordinasi bersama RT setempat,” katanya.

Untuk proses coklit data pemilih Pemilu 2019 mendatang, KPU Karimun menurunkan sebanyak 780 Petugas Panitia Pendaftaran Pemilih (Pantarlih) ke 12 Kecamatan di Kabupaten Karimun. Adapun jumlah DP4 yang turun dari KPU Pusat berjumlah 183,992 data pemilih yang akan dilakukan pencocokan. (ian)