Berbagai jenis minuman alkohol digilas menggunakan alat berat
Berbagai jenis minuman alkohol digilas menggunakan alat berat (ian)

Karimun, Lendoot.com – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Tanjungbalai Karimun memusnahkan 844 botol minuman keras dengan berbagai merk, rokok 11.141 batang dan 505 karung ballpress.

Pemusnahan tersebut dilakukan di lahan kosong yang ada di kawasan Mako Brimob Karimun, Kecamatan Tebing, Kamis (3/8/2017). Untuk minuman alkohol dimusnahkan dengan cara digilas menggunakan alat berat. Sementara ballpress dan rokok dimusnahkan dengan cara dibakar.

Kabid Kepabeanan KPPBC Tanjungbalai Karimun, Sayhrul Bastian mengatakan pemusnahan ini merupakan hasil dari tegahan sepanjang tahun 2016 hingga 2017 dengan total 45 kasus.

“Jadi barang ini merupakan hasil tegahan dari periode 2016 hingga 2017 dan seluruhnya sudah ikrah. Untuk total nilai barang diperkirakan Rp 711 Juta. Sedangkan potensi kerugian negara sebesar Rp 408 Juta” kata Kabid Kepabeanan KPPBC Tanjungbalai Karimun, Sayhrul Bastian.

Sayhrul Bastian menjelaskan, dari 45 kasus tegahan yang dilakukan, pihaknya tidak ada menetapkan tersangka, hal itu dikarenakan seluruh tegahan merupakan barang temuan yang ditinggal oleh pemiliknya.

“Untuk tersangka ternyata tidak ada, karena ini adalah barang temuan yang ditinggal oleh pemiliknya, jadi kita tidak dapat menetapkan tersangkanya,” ucap Syahrul Bastian.

Ia menambahkan, bahwa sejauh ini pihaknya terus melakukan upaya pencegahan terhadap masuknya barang-barang ilegal ke wilayah perairan Indonesia khususnya Karimun.

“Hal ini terbukti dengan adanya deklarasi antar petinggi negara kita untuk mencegah barang-barang ilegal masuk ke Indonesia, jadi kita harus sama-sama mendukungnya,” ucapnya. (ian)