Para korban kebakaran sedang mengungsi di Masjid Pulau Kambing Kolong
Para korban kebakaran sedang mengungsi di Masjid Pulau Kambing Kolong (facebook)

Karimun, Lendoot.com – Pascakebakaran yang menghanguskan puluhan rumah warga di Gang Perdamaian Rt 01 Rw 02 Kelurahan Sei Lakam Barat, Kecamatan Tanjungbalai Karimun, Minggu (5/11/2017) dini hari, para warga mengungsi di Masjid Pulau Kambing.

Para korban yang jumlahnya sekitar 109 jiwa terdiri dari orang tua dan anak-anak itu, saat ini membutuhkan bantuan berupa makanan, pakaian dan lain-lain.

Bupati Karimun, Aunur Rafiq yang turun meninjau ke lokasi kebakaran mengatakan bahwa, untuk penanganan kesehatan dan tempat tinggal sementara bagi para korban kebakaran akan ditanggung oleh pemerintah daerah.

“Sekarang kita akan mendata korban terlebih dahulu, sedangkan untuk masalah kesehatan dan tempat tinggal sementara hingga pemulihan dapat dilakukan, itu tanggungjawab pemerintah,” kata Aunur Rafiq saat diwawancarai di lokasi, Minggu (5/11/2017) pagi.

Rafiq juga menyampaikan, bagi masyarakat Karimun yang ingin menyalurkan bantuan, dapat menyalurkan langsung ke posko penampungan yang telah disiapkan.

“Kita harapkan dari berbagai elemen masyarakat yang memiliki kepedulian, silahkan membantu, apakah pakaian maupun lain-lain, karena mereka tidak dapat menyelamatkan harta bendanya saat kebakaran terjadi,” ujar Rafiq.

Saat ini tenda darurat dan dapur umum telah disiapkan di tempat penampungan sementara di Masjid Pulau Kambing. (ian)