Karimun, Lendoot.com – Usai berkunjung ke Karimun Anak, Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Republik Indonesia Irjen. Pol. (Purn) Yotje Mende melakukan dialog bersama, FKPD dan unsur masyarakat Kabupaten Karimun di Meeting Room Hotel Alisan, Kamis (30/8/2018) pagi.

Diketahui, kedatangan rombongan Kompolnas RI tersebut sejak tanggal 29 Agustus 2018 dan langsung mengunjungi pulau terluar yakni Karimun Anak dengan tujuan memastikan keamanan serta sarana prasana seluruh pulau perbatasan yang ada di indonesia.

Dialog tersebut, Kompolnas RI Irjen. Pol. (Purn) Yotje Mende mengatakan, atas kunjungannya ke Karimun anak, di mana Karimun anak merupakan tempat strategis untuk dijadikan lokasi melakukan tindak pidana dalam hal penyeludupan barang-barang Ilegal sehingga diperlukan pantauan secara khusus.

“Dengan penduduk yang sedikit ini, kita melihat masih ada kerawanan. Oleh karena itu, Pemkab Karimun agar lebih memperhatikan pulau tersebut dengan melakukan pembangunan dan penjagaan secara maksimal guna menghindari sentuhan-sentuhan jahat dari negara tetangga,” katanya.

Selain itu, dia juga mengatakan, jika terdapat hal-hal yang tidak dapat diselesaikan ditingkat daerah melalui kompolnas dapat disampaikan kepada Kapolri dan Presiden RI agar tercipta kembali situasi yang aman dimasyarakat.

“Permasalahan yang belum dapat diselesaikan ditingkat daerah khususnya di Polres agar menembusi Kompolnas. Ini merupakan tugas Kompolnas untuk melakukan pengawasan terhadap tugas-tugas Polri,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Karimun Aunur Rafiq yang dalam hal ini diwakili Asisten I Kabupaten Karimun M.Tang menyampaikan bahwa secara umum kondisi Karimun sangat kondusif. Dengan masih banyaknya pulau Karimun yang belum berpenghuni maka tidak menutup kemungkinan bisa digunakan oleh kelompok-kelompok yang memanfaatkan untuk hal-hal yang bertentangan dengan hukum.

“Mohon sekiranya Kompolnas mampu mendorong paling tidak Pulau Karimun agar bisa menjadi FTZ,” tambahnya.

Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri Dandim 0317/TBK Letkol Arm Rizal Analdie, Kapolres Karimun AKBP Hengky Pramudya, Pjs. Palaksa Kapten Laut (PM) Hadi Kuswanto, Asisten I Pemkab Karimun Muhammad Tang, Ketua pengadilan Negeri Budiman Sitorus, Kajari Kasi Datum M. Hatta, Kepala BNNK Ahmad Sholeh, dan unsur masyarakat lainnya. (Riandi)