Karimun, Lendoot.com – Kodim 0317/TBK melakukan panen perdana demplot budidaya jagung di Desa Teluk Paku, Kelurahan Pasir Panjang, Kecamatan Meral Barat, Kabupaten Karimun, Senin (13/8/2018).

Budidaya jagung ini dalam rangka ketahanan pangan dengan tujuan mengatasi krisis bahan pokok makanan di Kabupaten Karimun.

Dandim 0317/TBK, Lekol Arm Rizal Analdie mengatakan alasan pihaknya memilih jagung untuk dibudidayakan karena jagung dinilai paling cocok sebagai pengganti beras, sagu dan gandum.

“Mengapa kita pilih jagung sebagai pengganti bahan pokok makanan, karena jagung merupakan salah satu pengganti beras, sagu dan gandum,” kata Dandim 0317/TBK, Lekol Arm Rizal Analdie.

Panen perdana ini Kodim 0317/TBK juga melibatkan petani setempat sebagai tani binaan di atas lahan satu hektar.

“Untuk ke depannya, kita juga akan tanam-tanaman lainnya seperti cabai dan sayur-sayuran jika memungkinkan,” katanya.

Sementara itu, Camat Meral Barat, Monalisa mengapresiasi program ketahan pangan yang dilakukan Kodim 0317/TBK, hal ini mengingat program yang dimaksud sangat tepat dilakukan di Kabupaten Karimun yang bukan daerah penghasil.

“Program ini sangat tepat sekali dilaksanakan di Karimun. Memang, untuk tanaman padi di tempat kita ini tidak bisa ditami karena tempat kita ini bebatuan, namun jagung sangat tepat di tempat kita
ini,” kata Monalisa dalam sambutannya. (Parulian Turnip/Riandi)