Bupati Karimun Aunur Rafiq didampingi Ketua DPRD Karimun MY Sirat mengangkat piala adipura, siang tadi. (ist)
Bupati Karimun Aunur Rafiq didampingi Ketua DPRD Karimun MY Sirat mengangkat piala adipura, siang tadi. (ist)

Karimun, Lendoot.com – Kabupaten Karimun kembali meraih anugerah Adipura untuk yang ketiga kalinya.

Adipura tersebut diserahkan langsung Wakil Presiden (Wapres) RI Jusuf Kala kepada Bupati Karimun Aunur Rafiq di Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di Jakarta, Senin (14/1/2019).

Kabag Humas Pemkab Karimun Didi Irawan mengatakan, awal tahun 2019 ini KLHK memberikan anugrah Adipura periode 2017-2018 kepada 146 penerima. Penghargaan itu terdiri dari satu Adipura Kencana, 119 Adipura, 10 Sertifikat Adipura dan 5 Plakat Adipura serta penghargaan kinerja pengurangan sampah kepada 11 Kabupaten/Kota.

“Adipura ini banyak macam. Untuk periode 2017-2018 KLHK memberikan penghargaan kepada 146 Penerima yaitu, satu Adipura Kencana, 119 Adipura, 10 Sertifikat Adipura dan 5 Plakat Adipura serta penghargaan kinerja pengurangan sampah kepada 11 Kabupaten/Kota,” kata Didi.

Diketahui, Adipura ini merupakan program Nasional dan dilaksanakan setiap tahun. Tujuannya untuk mendorong kepemimpinan Pemerintah Kabupaten/Kota dan membangun partisipasi aktif masyarakat dan dunia usaha dalam mewujudkan sustainable city.

Didi menambahkan, selain penghargaan Adipura, KLHK juga memberikan penghargaan Green Leadership bertajuk anugrah NITWASITA TANTRA untuk periode 2018. Ini disampaikan Wapres kepada 3 Gubernur, 6 Walikota dan 6 Bupati.

“KLHK juga meberikan penghargaan Green Leadership bertajuk anugrah NITWASITA TANTRA untuk priode 2018 yang di samapikan oleh Wapres kepada 3 Gubernur, 6 Walikota dan 6 Bupati,” tambahnya.

Dalam penerimaan anugerah Adipura tersebut, Bupati Karimun Aunur Rafiq tampak didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karimun, Kabapenda, KABPKAD, Kadis Lingkungan Hidup, Kadis Kesehatan, Kadis Pendidikan, Kabag Bagian Protokol, Kabag Humas, Kabag Umum dan Camat  Se-Kabupaten Karimun. (riandi)