Kericuhan Anti Trump Terjadi Hanya Dua Blok dari Gedung Putih
Foto: Dailymail

Lendoot.com – Setidaknya 230 demonstran yang ditangkap pada hari inaugurasi Presiden Trump, Sabtu (21/1/207) akan menghadapi tuntutan 10 tahun penjara dan denda US $ 25ribu (Rp 325juta) jaksa AS mengatakan tuntutan tersebut atas kerusuhan yang telah mereka lakukan.

Ada sekitar 230 demonstran yang telah ditangkap dan enam polisi terluka dalam protes terhadap Presiden Trump. Kejadian kerusuhan serta kekerasan tersebut bermula tidak jauh dari Gedung Putuh hanya sekitar dua blok, tepatnya di McPherson Square dan sepanjang K Street.

Sebuah mobil mewah limo dibakar demonstran, jendela-jendela pertokoan yang berada di daerah tersebut pun menjadi sasaran amuk para demonstran. Bangunan yang menjadi amukan masa adalah Starbucks, McDonald dan Bank of America. Penyiar Larry King mengatakan jendela SUV-nya hancur oleh demonstran saat ia berada di studio. Polisi dengan menggunakan prisai berbaris untuk memblokir pergerakan para demonstran.

Bentrokan di McPherson Square dan sepanjang K Street pecah pada saat ratusan polisi anti huru hara menembakkan gas air mata dan menarik tongkat mereka untuk memecah konsentrasi massa.

Pada saat kerusuhan berlangsung, Trump dan keluarganya baru tiba di Gedung Putih. Tepat sebelum parade dimulai, bentrokan pecah, kurang lebih 400 demonstran melemparkan batu ke arah polisi anti huru hara di McPherson Square.

Seperti iring-iringan domenstran juga terjadi di jalan Pennsylvania Avenue menuju ke acara parade di Gedung Putih, demonstran juga turun di Franklin Square Park dimana mereka merusak dan mencoret-coret sebuah limusin tepat di luar gedung Washington Post.

“Sekelompok orang berkumpul di sekitar limusin. Sesuatu pasti akan terjadi. Orang-orang pun berteriak” Dilansir Kontributor Katie Hopkins DailyMail.com, Yang menyaksikan Secara langsung.

“Parade inaugurasi untuk presiden hanya beberapa blok jauhnya dari kejadian ini. ” Hopkins mengatakan demonstran membakar dan mulai melemparkan batu bata, dan lainnya.

‘Orang-orang ini di sini untuk tujuan ini – orang-orang di sini untuk melawan, ” Tambahnya.