Karimun, Lendoot.com – Bursa inovasi Desa Kabupaten Karimun resmi dibuka Bupati Karimun, Aunur Rafiq yang dilaksanakan di halaman rumah dinas bupati, Kamis (25/10/2018) pagi.

Pembukaan Bursa Inovasi Desa ditandai dengan pemukulan gong oleh Aunur Rafiq. Seluruh Kepala Desa se Kabupaten Karimun hadir menjadi peserta dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Karimun, bersama Tim Program Inovasi Desa Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia itu.

Dalam sambutannya, Rafiq mengimbau agar para Kepala Desa dapat mengikuti kegiatan dengan baik. Alasannya, agar mereka dapat mengadopsi inovasi-inovasi itu di desa mereka.

“Kepala desa tolong dipahami ini. Untuk terobosan ke depan. Lihat apa inovasi yang bisa ditiru untuk mengembangkan desa. Sesuaikan dengan kondisi desa masing-masing,” katanya.

Rafiq menyebut tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk mengembangkan potensi yang ada melalui Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD).

“Selama ini inovasi sudah dilakukan. Tapi bursa ini agar lebih kogkrit melihat inovasi desa-desa lain,” ucap Rafiq.

Pada kegiatan itu setiap desa memaparkan inovasi di bidang infrastruktur, kewirausahaan dan sumber daya manusia yang telah berhasil mereka lakukan. Selanjutnya para perangkat desa lain dapat melihat serta mempelajari inovasi-inovasi tersebut.

Diketahui untuk tahun 2018 total DD dan ADD bagi 42 desa se Kabupaten Karimun sekitar Rp 84 miliar. Dalam penggunaannya, para perangkat Desa mendapatkan pengawalan dari TP4D (Tim Pengawalqn dan Pengamanan Pemerintah Pembangunan Daerah). (Parulian Turnip)