Karimun, Lendoot.com – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tanjungbalai Karimun melakukan panen raya cabai merah di Desa Sememal, Kecamatan Meral Barat, Rabu (26/9/2018) sore.

Tanaman cabai merah tersebut merupakan milik Kelompok Tani Sememal Karimun di bawah binaan Lanal Tanjungbalai Karimun bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Karimun.

Panen raya kali ini, Petani mampu menghasilkan 200 kg cabai merah. Proses panen juga dilakukan dua satu kali dalam dua hari.

Danlanal Tanjungbalai Karimun Letkol Catur Yogiantoro melalui Pjs. Paspotmar Letda Laut (P) Hendriyono menjelaskan, hal ini merupakan pembinaan potensi maritim dalam ketahanan pangan di bidang pertanian.

“Dinas Potensi Maritim Lanal TBK mendukung sepenuhnya program pemerintah untuk menuju ketahanan pangan baik dibidang pertanian, kelautan dan perikanan,” jelasnya.

Menurutnya, program ketahanan pangan menjadi persoalam yang sangat penting dalam menjaga ketahanan negara, terutama terhadap wilayah yang berada di Pulau terluar.

“TNI AL bekerja sama dengan kementerian dan pemerintah daerah setempat serta kelompok petani untuk membangun ketahanan pangan terutama di pulau terluar,” ujarnya

Sementara itu, bupati Karimun Aunur Rafiq yang hadir dalam panen raya tersebut menuturkan, Pemerintah Daerah memiliki peran pendampingan terhadap para petani.

“Kita selaku pemerintah daerah melakukan pendampingan dan penyuluhan terhadap petani. Meskipun kita belum mampu membantu sepenuhnya mereka Kelompok petani ini bisa berjalan mandiri,” Kata Rafiq. (Riandi)