Karimun, Lendoot.com – Kasus pelecehan seksual yang terjadi pada anak di bawah umur di Karimun terus meningkat. Meningkatnya kasus kekerasan seksual terhadap anak mendapat perhatian dari Bupati Karimun, Aunur Rafiq.

Menurutnya, untuk pencegahan banyaknya kasus yang menimpa anak, seluruh pihak harus berperan. Namun meski begitu peran orangtua tetap yang utama.

“Dengan ini saya menyampaikan rasa prihatin terhadap hal ini. Kalau adanya seperti itu bagaimana ke depan, semua pihak dapat berperan dalam mencegah tindak kekerasan dan pencabulan terhadap anak,” kata Rafiq saat diwawancarai terkait meningkatnya kasus pencabulan, Kamis (25/10/2018).

Dijelaskan Rafiq bahwa, meskipun seluruh elemen harus ikut dalam pencegahan terjadinya kekerasan seksual terhadap anak, namun peran orangtua sangat penting untuk melihat perubahan perilaku anak-anaknya.

Selain itu, lanjut Rafiq, Pemerintah Daerah akan berkoordinasi dengan pihak terkait termasuk dengan sekolah-sekolah.

Ditambahkannya, Pemerintah Daerah sendiri telah mengesahkan Peraturan Daerah (Perda) anak. Selain itu para orangtua juga harus mengetahui informasi-informasi yang dapat membahayakan anak.

“Perda anak kita sudah ada. Tinggal kita lebih mengefektifkannya. Termasuk juga peran media memberikan infomasi ke masyarakat. Sehingga orangtua lebih berperan aktif setelah mengetahui adanya tindakan-tindakan yang menimpa anak tersebut,” ucap Rafiq. (Parulian Turnip)