Ilustrasi Imlek 2568.
Ilustrasi Imlek 2568. (istimewa)

Karimun, Lendoot.com – Menjelang perayaan Tahun Baru Imlek 2568, tingkat kunjungan warga asing ke Kabupaten Karimun meningkat cukup signifikan, terutama dari Malaysia dan Singapora.

Data yang dimiliki Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan ( KSOP) Tanjungbalai Karimun, pada 25 Januari 2017 penumpang Internasional yang turun sebanyak 958 orang, sehari kemudian yakni 26 Januari penumpang Internasional yang turun sebanyak 1545 orang dan pada 27 Januari hingga pukul 15.15 WIB penumpang Internasional turun sebanyak 1614 orang.

“Kalau melihat dari data kita, penumpang Internasional yang turun sejak tiga hari sampai dengan saat ini jumlahnya selalu meningkat,” kata staf Kasi Lala, Asmayadi, Jumat (27/1/2017) sore.

Sementara itu, Kepala Seksi Penjagaan dan Penyelamatan (Kasi Gamat) Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan ( KSOP), Syahrinaldi mengatakan lonjakan penumpang sudah terjadi sejak 25 Januari 2017 sampai dengan saat ini. Sedangkan untuk keberangkatan Ia menyebut masih normal.

“Sejak tiga hari ini menjelang Imlek orang yang datang dari Malaysia, Singapora dan Batam meningkat, kapal-kapal selalu penuh terus,” kata Syahrinaldi.

Syahrinaldi menjelaskan, lonjakan ini karena bertepatan dengan libur Imlek. Jadi banyak warga Karimun yang memanfaatkan momen tersebut untuk pulang ke kampung. Sedangkan selebihnya adalah untuk berkunjung ke rumah sanak saudara yang memang lebih banyak tinggal di Karimun.

“Peningkatan ini mungkin kalau perkiraan saya karena liburan Imlek, jadi banyak masyarakat Karimun yang memang bekerja diluar negeri untuk memanfaatkannya pulang ke kampung halamannya,” jelas Syahrinaldi. (ian)