Kapolsek Buru, Iptu Bakri bersama anggotanya dan petugas Kecamatan memeriksa toko obat di Kecamatan Buru
Kapolsek Buru, Iptu Bakri bersama anggotanya dan petugas Kecamatan memeriksa toko obat di Kecamatan Buru (Ist)

Karimun, Lendoot.com – Kapolsek Buru, Iptu Bakri bersama aparatur Kecamatan dan petugas Puskesmas melakukan pengecekan terhadap toko obat dan kedai-kedai kelontong di Kecamatan Buru, Senin (23/10/2017).

Selain karena alasan merazia peredaran pil PCC yang meresahkan di beberapa daerah, petugas juga menemukan banyaknya indikasi masyarakat Kecamatan Buru yang melakukan tindak penyalahgunaan obat batuk sachet.

Kapolsek Buru, Iptu Bakri menyebutkan pihaknya menemukan banyak bungkusan obat batuk yang bebas dijual di pasaran, setiap kali melakukan kegiatan gotong-royong. Setelah ditelusuri, ternyata ditemukan ada warga yang memang mengkonsumsi obat tersebut secara berlebihan.

“Karena ada indikasi itu makanya kita lakukan pengecekan. Di sini ngetren mabuk komix. Ada orang dewasa yang sekali minum sampai 29 sachet. Bahkan reaksinya kalau tidak minum itu mereka jadi malas. Kalau minum itu mereka mabuk dan tidak takut apa-apa,” kata Bakri.

Dalam operasi kali ini, tim gabungan melakukan pengecekan terhadap satu toko obat dan lima kedai kelontong. Turut melakukan pengecekan Camat Buru (Helmi) Kepala Puskesnas Buru (Dapot) dan Lurah Buru (Samat).

Bakri menyebutkan, pada operasi kali ini pihaknya hanya sebatas memberikan himbauan. Namun apabila ditemukan ada pedagang yang tidak mengindahkan hal tersebut, maka pihaknya akan mengambil tindakan yang tegas.

“Kalau untuk orang sakit beli satu atau dua itu wajar. Tapi kalau sudah satu kotak itu bukan wajar lagi. Saya koordinasikan dengan Camat dan Kepala Puskesmas jika ditemukan lagi maka akan ditindak,” ucap Bakri.

Bakri menambahkan, pada razia ini tidak ditemukan adanya penjualan tablet PCC di toko obat atau kedai sasaran operasi. Namun petugas mengimbau dengan tegas agar para pedagang tidak boleh menjual obat kepada masyarakat jika dalam jumlah yang tidak wajar, terutama obat batuk sachet. (ian)