Karimun, Lendoot.com – Stasiun Karantina Kelas II Tanjungbalai Karimun memusnahkah media pembawa hama penyakit hewan karantina dan media pembawa organisme penganggu tumbuhan.

Adapun barang yang dimusnakah adalah 403,5 Kilogram daging unggas, 61 bungkus nuget, sementara untuk media OPTK berupa 40 kilogram buah segar, 11 bibit tanaman dan 251 karung bawang.

Pemusnahan yang dilakukan merupakan hasil penindakan Stasiun Karantina sejak tiga bulan terakhir. Pemusnahan dilakukan di Instalasi Pertanian Kantor Stasiun Karantina Pertanian Karimun yang terletak di Kapling, Kecamatan Tebing.

Kepala Stasiun Karantina Kelas II Tanjungbalai Karimun Dr Priyadi mengatakan pemusnahan tersebut dilakukan karena tidak adanya dokumen lengkap dari lalulintas Karantina.

“Karena ditakutkan akan menjadi Media Pembawa Hama Penyakit Hewan Karantina (MP HPHK) dan menjadi Media Pembawa Organisme Pembawa Pengganggu Tanaman Karantina (MP OPTK),” jelas Priyadi, Rabu (24/10/2018).

Untuk pemusnahan tersebut dilakukan dengan cara dibakar dengan menggunakan alat pembakar atau insiminator. (Parulian Turnip)