Barang bukti yang berhasil diamankan dari pelaku hasil curian di Kantor Lurah Harjosari
Barang bukti yang berhasil diamankan dari pelaku hasil curian di Kantor Lurah Harjosari (Istimewa)

Karimun, Lendoot.com – Seorang pemuda berinisial HD (40) diamankan warga setempat karena diduga melakukan pencurian di kantor Lurah Harjosari, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun pada Minggu (3/9/2017) sekira pukul 03.30 WIB.

Kapolsek Tebing, AKP Budi Hartono mengatakan bahwa, penangkapan HD berawal dari seorang warga bernama Bakhrul Ulum yang saat itu melintas di kantor Lurah Harjosari, melihat adanya orang mencurigakan menggunakan sepeda motor jenis Supra hitam dan menutup wajah dengan shebo hitam sambil membawa tas besar diduga baru habis mencuri.

“Melihat hal tersebut, Bakhrul menghubungi temannya dan langsung mengejar pelaku yang lari mengarah ke Jalan Poros dan berhenti di seputaran Masjid Agung. Namun pada saat diamankan masyarakat pelaku mencoba melakukan perlawanan dengan mengeluarkan pisau,” kata Kapolsek Tebing, AKP Budi Hartono, Minggu (3/9/2017) siang.

Selanjutnya, Bakhrul melaporkan kejadian tersebut pada kepala piket Kapten Inf Taufik, Pasiter Kodim 0317/TBK. Kemudian  bersama dua orang anggota jaga tiba di TKP dan berhasil menangkap pelaku dan mengamankan pelaku dari amukan Massa. Lalu personil patroli Polsek Tebing mendatangi TKP dan membawa pelaku ke Polsek Tebing dan dilakukan serah terima pelaku kepada Polsek Tebing.

Menurut Budi Hartono, pelaku adalah spesialis pencuri kantor dan perumahan, karena memiliki alat-alat khusus pembuka gembok yang di pesan khusus melalui online serta peralatan lain berupa, Linggis, Obeng untuk alat bantu melakukan pencurian dan Pisau untuk mempertahankan diri.

Sementara dari tangan pelaku berhasil diamankan barang bukti berupa, 1 unit monitor Merk Piliph warna hitam, 1 Unit CPU Merk Dell Warna Putih, 1 Unit Keyboard beserta mouse, 1 Unit Power Server, 1 Unit Printer Merk Canon, 1 Unit Laptop Merk Asus, 1 Psc Linggis, 1 Pcs Pisau Dapur, 1 Pcs Obeng Bunga, 1 Pcs Obeng Pipih, 1 Set Alat Pembuka Gembok dan Sepeda Motor Honda Supra X warna hitam Tanpa TNKP dan STNK.

Akibat kejadian tersebut pelapor mengalami kerugian sebesar Rp 7 Juta rupiah. Saat ini pelaku telah diamankan di Polsek Tebing untuk penyidikan lebih lanjut. (ian)