Puing-puing sisa kebakaran di Kampung Cina Daik Lingga. (ist)
Puing-puing sisa kebakaran di Kampung Cina Daik Lingga. (ist)

 

Lingga, Lendoot.com – Kebakaran terjadi di Kampung Cina Daik Kabupaten Lingga Provinsi Kepri, Senin (28/11/2017) dinihari tadi, atau sejak pukul 00.45 WIB sampai sekitar pukul 07.30 WIB.

Kepulan asap masih terlihat dari bawah bangunan yang terbakar. Diperkirakan asap bersumber dari api di bawah rumah tersebut. Tim Pemadam Kebakaran Pemkab Lingga yang di bantu warga sekitar dan terus berjibaku memadamkan api sampai ke akar-akarnya.

Berdasarkan data yang diperoleh awak media Kepri Media Group di lapangan, kebakaran tersebut kebakaran menghanguskan sekitar 56 bangunan rumah. Selain itu juga ada tempat usaha warga dan pasar Kampung Cina Daik Lingga tersebut.

KIni yang tampak tersisa hanya puing-puing bangunan yang menjadi arang.

Sejauh ini belum diketahui kerugian yang dialami korban yang rumahnya mengalami kebakaran. Dari data awal  korban dipekirakan mencapai 80 jiwa, namun tidak ada korban jiwa meninggal dalam kebakaran tersebut. Kerugian material lainnya ditaksir awal mencapai meliaran rupiah.

Beberapa korban kebakaran tampak kembali mencari harta benda mereka di bangunan mereka yang sudah rata dengan tanah itu. Suasana haru menyelimuti satu-satunya pasar utama yang berada di Kampung Cina Kota Daik Lingga.

Ada yang hanya bisa menyelamatkan sehelai baju di badan, menangis histeris seakan tidak percaya dengan musibah kebakaran yang terjadi. Sementara sebagian korban kebakaran memilih mengungsi ke pemukiman sanak famili mereka.

Kejadian kebakaran ini mendapat simpati masyarakat dan elemen masyarakat lainnya. Terlihat posko-posko bantuan dari Ormas mulai berdatangan. Salah satunya dari KNPI Kabupaten Lingga yang membuat posko bantuan bencana kebakaran di seketariat KNPI yang tidak jauh dari tempat kejadian.

Saat ini para korban masih membutuhkan uluran tangan masyarakat untuk meringankan beban ke depan. Makanan, pakaian layak pakai menjadi yang sangat dibutuhkan saat-saat ini. (*/KMG/sjs)