Ini kapal tanker raksasa milik Pertamina yang dibuat di Karimun, foto diambil saat peresmiannya, kemarin.
Ini kapal tanker raksasa milik Pertamina yang dibuat di Karimun, foto diambil saat peresmiannya, kemarin. (ian)

Karimun, Lendoot.com – Peluncuran Kapal Tangker Pasaman P 1028, di lokasi PT Multi Ocean Shipyard (MOS), Selasa (31/1/2017), menjadi momentum yang membanggakan bagi anak-anak Karimun.

Kebanggaan juga tersirat dari Bupati Karimun Aunur Rafiq dalam sambutannya di acara tersebut. Rafiq mengatakan peluncuran kapal Tangker di PT MOS ini menjadi bukti bahwasanya anak-anak Karimun yang bekerja di sana memiliki daya saing, secara nasional bahkan internasional

“Kami bangga. Pembuatan kapal tangker ini merupakan wujud dari karya anak bangsa Indonesia, khsususnya anak Karimun. Kita mampu bersaing di tingkat nasional. Kita berharap PT MOS dapat menjadi salah satu galangan kapal nasional yang memiliki daya saing di internasional,” ucap Rafiq.

Rafiq juga mengucapkan terimakasih kepada PT Pertamina (Persero) yang telah memberikan kepercayaan kepada PT MOS yang ada di Karimun untuk pembuatan kapal tangker berukuran besar tersebut.

Dirut PT MOS, Hartono mengatakan peluncuran kapal yang dilakukan di galangan kapal perusahaan ini adalah proyek terbesar yang pernah didapatnya.

“Peluncuran kapal ini adalah proyek terbesar yang dikerjakan PT MOS di galangan kapal milik kami,” kata Hartono saat sambutannya.

Dia menjelaskan, kapal yang diluncurkan merupakan jenis kapal tangker berukuran 17.500 Dead Weight Tonnage (DWT). Untuk kapal tanker berukuran itu, termasuk dalam kategori kapal tanker raksasa.

Pembuatan kapal tangker ini menjadi suatu kebanggan bagi perusahaan PT MOS sebagai galangan kapal lokal yang dapat menyelesaikan pembuatan kapal tangker berukuran besar.

“Diselesaikannya kapal tangker ini tentunya menjadi sebuah kebanggaan bagi perusahaan karena dapat menyelesaikan pembuatan kapal tangker dengan ukuran besar,” jelas Hartono. (ian)