Karimun, Lendoot.com – Kadispotmar Mabesal Brigjen TNI (Mar) Bambang Sutrisno, secara resmi menutup kegiatan Bhakti Sosial yang digelar Pangkalan TNI Angkatan Laut Tanjungbalai Karimun di Desa Pongkar, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, Rabu (2/5/2018).

Kegiatan bakti sosial yang digelar Lanal Tanjungbalai Karimun di Desa Pongkar dan Dusun Pelambung ini telah berlangsung sejak 16 April 2018. Ini merupakan Program Kerja Staf Potensi Maritim (Potmar) Lanal Tanjungbalai Karimun untuk pelaksanan Pembinaan Desa Pesisir (Bindesir) dalam rangka Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Laut (Dawilhanla) kepada Masyaraka

Kepala Dinas Potensi Maritim (Potmar) Brigjend TNI (Mar) Bambang Sutrisno mengatakan bahwa, yang menjadi aspek sasaran fisik dalam program tersebut yakni, pembangunan sumur bor, tandon air, perbaikan dermaga, pengerasan jalan 600 meter, pembuatan pos TNI AL, renovasi sarana tempat ibadah dan renovasi sekolah.

“Diharapkan dengan dilaksanakan kegiatan ini dapat bermanfaat dan hasilnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat dan pemerintah daerah terutama masyarakat pesisir yang ada di wilayah kerja Lanal Tanjungbalai Karimun,” kata Brigjend Bambang Sutrisno.

Ia menjelaskan, pembangunan di sektor Maritim hanya dapat dilakukan apabila sumber daya manusia Indonesia memiliki budaya Maritim yang memandang laut sebagai bagian tidak terpisahkan dari kehidupan Politik, Ekonomi dan Sosial, Budaya Bangsa.

“Untuk itu pengembangan jiwa Bahari dan karakter Maritim perlu ditanamkan sejak dini kepada generasi muda, sehingga nantinya dapat memanfaatkan potensi sumber daya laut untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di Kepri,” jelasnya.

Selain pembangunan fisik, bakti sosial ini juga diisi beberapa kegiatan diantaranya, pelayanan kesehatan, pengobatan gratis, penyerahan bantuan paket sembako, bantuan paket sekolah.

Giat bersih lingkungan pantai, latihan bela negara bagi generasi muda, peduli kesehatan lingkungan, penyuluhan tentang ilegal fishing serta kegiatan bakti sosial dan pemutaran film penerangan TNI Angkatan Laut.

Sementara itu, Kepala desa Pongkar Zahir mengatakan, program tersebut merupakan hal yang sangat dibutuhkan dan nantinya dipastikan akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat luas.

“Untuk desa pongkar ini menjadi desa binaan angkatan laut, lebih kurang satu bulan lebih mereka turut melakukan pembangunan, manfaatnya sangat besar sekali, dengan bantuan ini kita harapkan akan terus berkelanjutan,” ujarnya. (Riandi)