Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Karimun, Muhamamd Affan saat acara panen raya di Kundur belum lama ini. (ist)
Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Karimun, Muhamamd Affan saat acara panen raya di Kundur belum lama ini. (ist)

Karimun, Lendoot.com – Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Karimun, Muhammad Affan mengatakan untuk tahun 2018 ini Pemkab Karimun akan menghasilkan produk beras sendiri. Hal tersebut didukung dengan tersedianya lahan persawahan yang ada di Kundur Utara seluas 100 Hektar.

“Tahun ini kita sudah dapat memproduksi beras, untuk tahap pertama kemarin dari 17 Hektar yang ditanam dapat menghasilkan 1,5 sampai 2 ton beras. Memang hasil tersebut masih rendah, tapi kerja sama dengan petani di Penyalai sudah 80 persen berjalan,” kata Affan saat ditemui Lendoot.com, Kamis (1/2/2018).

Selain memiliki lahan persawahan, Pemkab Karimun juga sudah memiliki mesin penggilingan dan alat pengering mekanis untuk dimanfaatkan saat musim panen padi berlangsung.

Meski begitu, menurut Affan masih terdapat beberapa kendala yang dialami dalam memaksimalkan hasil panen padi diantaranya tehnik budidaya yang belum tepat, tanahnya masam dan sumber benih masih berfariasi. Namun untuk kualitas beras yang dihasilkan, Affan menyebut memiliki kualitas di atas medium di bawah premium.

“Memang masih ada beberapa kendala, tapi itu tidak menjadi masalah lah,” ucap Affan.

Ia menambahkan, untuk tahun ini di akan ditanam padi secara serentak seluas 50 Hektar. (ian)