Suasana pasar Puan Maimun. (dok lendoot)
Suasana pasar Puan Maimun. (dok lendoot)

Karimun, Lendoot.com – Lonjakan harga yang dikhawatirkan bakal kembali terjadi menjelang perayaan Imlek 2568 tahun ini. Biasanya sesuai hukum pasar, permintaan tinggi akan diikuti dengan kenaikan harga barang.

Aagar tidak terjadinya kenaikan harga, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Karimun telah mengambil langkah-langkah antisipasinya. Salah satunya dengan cara mengontrol pasokan barang tetap lancar sehingga kelonjakan harga kebutuhan pokok menjelang perayaan Imlek 2017 mendatang, tidak terjadi.

“Kita sudah melakukan pengecekan barang kebutuhan semuanya, termasuk harga-harganya kita pantau tersebut. Dan kita pastikan kebutuhan pokok menjelang Imlek, tetap lancar sehingga tak berpengaruh signifikan terhadap kenaikan harga,”  Kata Kepala Bidang Perdagangan Muhd Fadhlahsyah kepada lendoot.com saat meninjau harga pasar kemarin.

Fadhlah juga mengakui jika komoditi tertentu seperti bumbu dapur mengalami kenaikan, namun jika dibandingkan dengan kabupaten kota lain, Kabupaten Karimun tergolong tidak mengalami kenaikan yang terlalu signifikan.

“Disperindag juga telah memperingati agen-agen untuk tetap memasok kebutuhan, jangan sampai saat hari bersar terjadi kekosongan,” ujarnya.

Fadhlah menambahkan bahwa langkah pemantauan harga juga akan terus dilakukan pihaknya sampai harga-harga kebutuhan pokok tersebut, benar-benar stabil. (sjs/ade)