Suasana pasar Takjil yang ada di depan Jalan A Yani
Suasana pasar Takjil yang ada di depan Jalan A Yani (ian)

Karimun, Lendoot.com – Kehadiran pasar takjil tidak bisa dihilangkan selama bulan Ramadan. Pasar tahunan yang menyediakan panganan ini selalu dipenuhi oleh warga jelang berbuka puasa.

Seperti pasar takjil di jalan A Yani, Keluarahan Sei Lakam, Kecamatan Karimun yang selalu ramai didatangi warga. Setiap sore para pedagang menjajakan berbagai makanan untuk berbuka puasa. Mulai dari makanan kecil, gorengan, minuman, bubur serta lauk pauk disediakan oleh pedagang.

Pantauan Lendoot.com, puluhan pedagang mulai berjualan sejak pukul 16.00 WIB hingga masuknya waktu berbuka. Para pembeli yang datang dimanjakan dengan banyaknya pilihan makanan.

Bukan hanya warga Karimun yang beragama muslim saja, bahkan warga keturunan Tionghoa juga terlihat berbelanja di pasar yang terletak di pinggir jalan utama Pulau Karimun tersebut.

“Sering, bahkan hampir setiap hari. Biasanya beli gorengan atau kue-kue buat buka,” kata Ana, seorang warga Sei Lakam yang tengah membeli takjil, Selasa (30/5/2017).

Keberadaan pasar takjil juga memberikan berkah tersendiri bagi pedagang. Dengan menjual makanan yang mereka buat sendiri ataupun sekedar menjualkan hasil buatan orang lain, mereka mendapatkan penghasilan yang cukup lumayan.

“Setiap tahun memang jualan di sini. Hasilnya lumayan lah buat beli baju lebaran anak,” kata seorang pedagang gorengan dan kue.

Selain di Sei Lakam, pasar Takjil Ramadan juga hampir terdapat dibeberapa kawasan seperti Meral, Indo PN Kecamatan Tebing serta wilayah lain yang ada di Pulau Karimun. (ian)