Karimun, Lendoot.com – Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Tanjungbalai Karimun menunda beberapa keberangkatan kapal penumpang, Kamis (29/6/2017) siang.

Kepala Seksi Penjagaan dan Keselamatan (Kasi Gamat) KSOP Kelas II Tanjungbalai Karimun, Syahrinaldi mengatakan pihaknya sempat menunda keberangkatan dua kapal ferry tujuan Batam di pelabuhan domestik sekira 15 hingga 20 menit karena jarak pandang dilaut yang terbatas.

“Penundaan sekira pukul 12.00 WIB tadi terhadap ferry Miko Natalia dan Dumai Ekpres tujuan Batam. Dikarenakan langit hitam dan jarak pandang yang terbatas. Kalau untuk gelombang laut tidak terlalu besar. Tapi penundaan kita lakukan untuk mengantisipasi,” kata Syahrinaldi, Kamis (29/6/2017).

Dia juga mengatakan, selain di pelabuhan domestik, pihaknya juga melakukan penundaan di pelabuhan antar pulau yakni pelabuhan Sri Tanjung Gelam atau pelabuhan KPK. Sementara di pelabuhan Internasional kapal ferry tetap berangkat seperti biasa.

“Di KPK tadi juga sempat kita tunda. Kalau di pelabuhan Internasional memang kebetulan sedang tidak ada jadwal keberangkatan,” ucapnya.

Sementara terkait arus balik lebaran 2017 ini belum terjadi lonjakan penumpang. Diperkirakan  puncak arus balik di Karimun akan terjadi pada Sabtu (1/7/2017) dan Minggu (2/7/2017). (ian)