Ilustrasi (google)
Ilustrasi (google)

Karimun, Lendoot.com – Kasus kekerasan seksual pada anak di Kabupaten Karimun Januari hingga Agustus 2018 tercatat sudah ada 31 kasus. Jumlah ini meningkat tiga kali lipat dari tahun 2017 yang hanya 8 kasus.

Hal ini diungkapkan ketua Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak Kabupaten Karimun, Erwan Maharuddin belum lama ini.

“Kasus kekerasan seksual saat ini sangat memprihatinkan. Sampai saat ini sudah ada 31 kasus, kalau dibandingkan 2017 itu naik tiga kali lipat,” kata Ketua P2TP2A Erwan Muharuddin.

Dijelaskannya, 31 kasus ini dominan terjadi di wilayah Pulau Karimun, sedangkan untuk di luar pulau Karimun hanya sekitar dua atau tiga kasus.

Menurutnya, banyaknya pengungkapan kasus kekerasan seksual yang dialami oleh anak dikarenakan sudah meningkatnya kesadaran masyarakat untuk melapor ke pihak berwajib jika terjadinya kasus kekerasan seksual.

“Ini berkat keberanian masyarakat yang sudah mau melapor. Mungkin kalau tahun-tahun sebelumnya banyak yang tidak terungkap itu dikarenakan mereka merasa malu makanya enggan mau melapor,” tuturnya. (Parulian Turnip)