Rachmadi, Kadinkes Karimun. (istimewa)
Rachmadi, Kadinkes Karimun. (istimewa)

Karimun, Lendoot.com – Terhitung sejak Januari hingga Maret di tahun 2018 sudah terdapat 5 orang penderita gizi buruk klinis di Kabupaten Karimun. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun, Rachmadi.

“Kalau tahun lalu kita hanya merawat 2 pasien penderita gizi buruk, tapi untuk di tahun ini sampai Maret kita sudah merawat 5 pasien penderita gizi buruk klinis,” kata Rachmadi disela-sela dirinya membuka seminar keperawatan di Hotel Aston, Sabtu (10/3/2018).

Rachmadi menyebut, dari 5 pasien saat ini pihaknya masih merawat 1 orang penderita gizi buruk. Banyaknya temuan kasus gizi buruk menurutnya bukan karena meningkatnya gizi buruk, melainkan karena pihaknya melakukan pencarian ke lingkungan masyarakat.

“Dari 5 pasien, 4 lainnya sudah dapat kita naikkan statusnya, sekarang hanya tinggal 1 pasien yang masih dirawat,” ucapnya.

Untuk itu, Rachmadi mengajak masyarakat untuk sama-sama mencari penderita gizi buruk di lingkungan masing-masing.

Selain itu Ia juga berpesan kepada masyarakat apabila menemukan penderita gizi buruk agar segera membawa puskesmas ataupun ke rumah sakit untuk mendapat perawatan.

“Kalau ada menemukan penderita gizi buruk tolong dibawa untuk mendapat perawatan. Jadi mari kita sama-sama untuk mencari agar kita dapat mengatasi gizi buruk ini,” ujar Rachmadi. (ian)