Rachmadi, Kadinkes Karimun. (istimewa)
Rachmadi, Kadinkes Karimun. (istimewa)

Karimun, Lendoot.com – Sejak Januari sampai Maret 2018, tercatat 10 orang warga Karimun dinyatakan meninggal dunia karena penyakit Tuberkulosis (TB). Ini diungkapkan kepala Dinas kesehatan Kabupaten Karimun, Rachmadi.

“Ada 10 orang yang meninggal dunia menderita TB ini, dan ada sebagian orang yang tidak menuntaskan pengobatan terdeteksi baik MDR dan XDR, dan nantinya hal-hal yang seperti inilah bisa mengakibatkan kematian,” kata Rachmadi belum lama ini.

Untuk tahun 2017, Rachmadi menyampaikan, kasus penyakit Tuberculosis (TB) di Karimun telah mencapai 410. Sementara di tahun 2018 dari Januari sampai saat ini baru terdapat empat kasus.

“Tahun 2017 kasus penyakit TB ini sangat banyak mencapai 410 kasus. Untuk tahun ini baru ada empat kasus,” ucap Rqchmadi.

Saat ini keempat orang yang terdeteksi penyakit TB telah menjalani pengobatan lanjutan. Rachmadi berharap masyarakat dapat mendeteksi secara dini jika mengalami tanda-tanda terindikasi penyakit TB.

“Sehingga mereka segera mendapatkan pengobatan, karena pentakit TB ini sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kematian,” ujarnya. (ian)