Salah seorang jaksa memberika penyuluhan dan penerangan hukum kepada perangkat desa di Kecamatan Belat
Salah seorang jaksa memberika penyuluhan dan penerangan hukum kepada perangkat desa di Kecamatan Belat

Karimun, Lendoot.com – Cabang Kejaksaan Negeri (Cabjari) Tanjungbatu menggelar penyuluhan dan penerangan hukum kepada perangkat desa melalui program Jaksa Masuk Desa (JMD) di gedung serba guna Desa Sei Asam Kecamatan Belat, Selasa (13/3/2018) pagi.

Kegiatan tersebut diikuti 40 peserta dari Camat, Kepala Desa, Tokoh Masyarakat dan Masyarakat sekitar. Adapun tujuan kegiatan ini agar masyarakat desa mengenal dan mengetahui tugas, fungsi dan kewenangan kejaksaan dalam penegakan hukum di Indonesia.

Kacabjari Tanjungbatu Aji Satrio Prakoso melalui Jaksa Fungsional Senopati mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan berdasarkan keputusan jaksa agung nomor Kep-001a/A/JA/2006, tentang Pelaksanaan Penyuluhan dan Penerangan Hukum serta Instruksi Jaksa Agung Nomor INS-004/A/JA/08/2012 tentang pelaksanaan peningkatan tugas penerangan dan penyuluhan hukum program pembinaan masyarakat taat hukum.

“Kita ingin masyarakat paham tentang hukum dan fungsi kejaksaan ini seperti apa dan apa tugas- tugas kita serta kewenangan dalam penegakkan hukum,” kata Seno, Selasa (13//2018).

Dia mengatakan, kedepannya kegiatan penerangan dan penyuluhan hukum program Jaksa Masuk Desa (JMD) akan dilaksanakan ke seluruh Desa terpelosok yang berada di wilayah hukum Cabjari Tanjung Batu.

“Kita ingin masyarakat melek hukum. Ini salah satu langkah kejaksaan membangun sistem hukum yang mencakup tiga komponen yakni struktur hukum, subtansi hukum, dan budaya hukum dengan progarm JMD,” katanya.

Seno menambahkan, selain Perangkat Desa, penyuluhan dan penerangan hukum juga dilakukan melalui program Jaksa Masuk Sekolah (JMS). Program tersebut memiliki tujuan yang sama yakni untuk mengenalkan hukum sejak dini kepada para pelajar. (ian)