Karimun, Lendoot.com – Dua pelaku Skimming melancarkan aksinya dengan cara memasukan Blank Card ke dalam mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) BNI untuk meng-copy data-data nasabah yang melakukan transaksi di mesin ATM BNI.

Hal ini dikatakan Kasat Reskrim Polres Karimun, AKP Lulik Febyantara usai melakukan interogasi terhadap dua pelaku asal Malaysia tersebut, Minggu (19/8/2018).

Lulik mengatakan, para pelaku menggunakan modus operandi dengan cara memasuki wilayah Indonesia (Karimun) memasukan Blank Card ke dalam mesin ATM BNI untuk meng-copy data-data nasabah yang melakukan transaksi di mesin ATM BNI. Kemudian mem-paste data tersebut ke ATM My Bank milik para tersangka lalu melakukan transaksi di luar Negeri.

“Dikarenakan BNI telah memblokir transaksi di luar negri terhadap nasabah yang terindikasi sudah ter-copy datanya oleh para pelaku skimming maka para tersangka memasuki wilayah Indonesia (Karimun) kembali untuk melakukan transaksi namun berhasil kita gagalkan,” kata Lulik, Minggu (19/8/2018) sore kepada Lendoot.com

Lulik menambahkan, dari kedua pelaku tersebut polisi mengamankan barang bukti berupa 2 Blank Card, 1 bungkus SIM Card Handphone dan puluhan pecahan lembaran Rupiah, Ringgit dan Bath Thailand serta alat yang diduga melancarkan aksi jahatnya.

“Kita telah berkoordinasi dengan Dit Cyber PMJ, menyerahkan para tersangka kepada Piket Satreskrim Polres Karimun. Selanjutnya terhadap kedua pelaku dan barang bukti dibawa dan diamankan di Polres karimun,” tambahnya. (Riandi)