Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM dan ESDM Kabupaten Karimun, Muhammad Yosli
Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM dan ESDM Kabupaten Karimun, Muhammad Yosli (ian)

Karimun, Lendoot.com – Tahun ini dua pasar di Kabupaten Karimun, yakni pasar Bukit Tembak di Kecamatan Meral dan Tanjungbatu di Kecamatan Kundur akan direvitalisasi oleh pemerintah daerah.

Untuk revitaslisasi pasar Bukit Tembak, Pemkab Karimun mendapatkan bantuan dari Pemerintah pusat sekitar Rp 6 miliar. Sedangkan untuk pasar Tanjungbatu kerjakan oleh Dinas PU Pemkab Karimun.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM dan ESDM Kabupaten Karimun, Muhammad Yosli mengatakan untuk revitalisasi di Pasar Bukit Tembak meliputi Blok B dan C. Nantinya kedua blok tersebut akan ditempati oleh 200 pedagang.

“Kios sebanyak 24 unit dan sisanya lapak. Tapi bisa dikondisikan juga untuk kios menjadi 32. Modelnya kita buat los dan dikelilingi kios dan di atasnya sebagai kantor pemantau,” kata Yosli, Selasa (8/8/2017).

Yosli menuturkan, untuk pasar Bukit Tembak saat ini sudah masuk dalam tahap proses pemindahan pedagang ke lokasi sementara. Para pedagang yang berjualan di kedua blok yang direvitalisasi ditempatkan di lahan milik warga di depan pasar.

“Jadi nantinya yang mengisi Blok B dan C tetap para pedagang lama. Untuk data pedagang Perusda sebagai pihak pengelola yang lebih tau,” ucap Yosli.

Yosli memperkirakan pembangunan Pasar Bukit Tembak akan selesai pada akhir tahun 2017. Ia berharap pengerjaan pasar itu berjalan sebagaimana mestinya, sehingga di tahun 2018, Pemerintah Pusat kembali mengucurkan dana kepada Pemda Karimun.

“Menurut kontrak dengan pengembang, bangunan pasar Bukit Tembak akan selesai pada akhir tahun 2017,” ucap Yosli. (ian)