Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Karimun, Muhammad Tahar
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Karimun, Muhammad Tahar (ian)

Karimun, Lendoot.com – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Karimun, Muhammad Tahar menyebut bahwa selama ini laporan dari masyarakat tentang kematian sangat kecil. Hal tersebut membuat Disdukcapil kesulitan untuk memberikan data penduduk yang valid.

“Sekarang ini laporan dari masyarakat untuk kematian sangat kecil. Kalau mereka tidak memiliki kepentingan seperti mengurus warisan ataupun asuransi maka biasanya masyarakat tidak akan melapor,” kata Kadisdukcapil, Muhammad Tahar saat ditemui Lendoot.com disela-sela Launcing Inovasi Pelayanan dibidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil melalui program Sama Selamat dan Dapor Teraman di Aula Nilam Sari, Senin (21/8/2018).

Untuk itu, kata tahar, dengan diluncurkannya program Dapor Teraman yakni dari laporan Kecamatan terbit akte kematian, masyarakat tidak perlu lagi repot untuk mengurus akte kematian.

Mereka cukup memberikan data pada RT/RW, selanjutnya pihak RT/RW yang akan melaporkan ke Kelurahan hingga ke Kecamatan dan pihak Kecamatan yang melaporkan ke Disdukcapil.

“Jadi tanpa diminta ahli waris, cukup RT/RW melaporkan ke Kelurahan, Kelurahan melaporkan ke Kecamatan dan Kecamatan melaporkannya kepada kita (Disdukcapil) dan setiap bulan datanya akan diperbaharui,” ucap Tahar.

Tahar menambahkan, untuk biaya pengurusan Akte kematian dan akte kelahiran tidak dipungut biaya. (ian)