Suasana try out UNBK di sebuah sekolah di Jawa. (istimewa)
Suasana try out UNBK di sebuah sekolah di Jawa. (istimewa)

Karimun, Lendoot.com – Ada empat sekolah yang diusulkan Pemkab Karimun ke Kementrian Pendidikan yang melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Keempat sekolah tersebut merupakan tingkat Sekolah Menegah Pertama (SMP), yakni; SMP Vidya Sasana, SMP 2 Tebing Binaan, SMP Negeri 2 Kundur dan SMP Muhammadiyah.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun, Bakri mengatakan langkah ini diambil untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Karimun.

Meskipun sekolah-sekolah yang dirasa mampu, menurut Kadisdik belum bisa dipastikan dapat menggunakan sistem UNBK. Tiga SMP yang berada di Pulau Karimun dan satu di Pulau Kundur tersebut masih harus menjalani try out untuk pematangan pelaksanaannya.

“Harus menjalani tiga kali try out dari kementerian sebelum pelaksanaan UN,” kata Kadisdik Karimun Bakri Hasyim, Jumat (3/2/2017).

Bakri menjelaskan apabila fasilitas UNBK di sekolah yang diusulkan belum lengkap mereka dapat meminjam dari sekolah lain yang telah memiliki kelengkapan fasilitas. Hal tersebut berdasarkan surat edaran resmi dari kementrian.

“Jadi sekolah yang belum mempunyai sarana pendukung UNBK, boleh memakai fasilitas sekolah lain yang telah lengkap,” jelas Bakri.

Bakri menambahkan, jika keempat sekolah yang diusulkan dinyatakan layak menggunakan sistem UNBK maka selanjutnya Disdik akan kembali mengusulkan sekolah lain untuk UN tahun 2018.

Sementara itu untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat yang menggunakan sistem UNBK masih sama dengan tahun 2016. Yakni, SMK Vidia Sasana, SMK Budi Mulia dan SMK Yaspika. (ian)