Pelaku YS saat diamankan di Mapolsek Tebing
Pelaku YS saat diamankan di Mapolsek Tebing (Istimewa)

Karimun, Lendoot.com – Seorang anak Lak-laki di bawah umur berinisial YS (17) diserahkan warga ke Mapolsek Tebing karena diduga nekat mencuri kipas angin AC di rumah salah seorang warga bernama Oai Hiong, Ranggam Kecamatan Tebing sekira pukul 22.30 WIB.

Kapolsek Tebing, AKP Budi Hartono mengatakan, penangkapan YS berawal saat aksinya diketahuai oleh warga setempat yang membawa kipas AC. Lalu YS melarikan diri dan terjatuh sehingga dapat ditangkap oleh warga.

“Warga setempat melihat YS membawa kipas AC yang baru dicurinya, karena ketahuan warga YS sempat melarikan diri dan terjatuh, karena terjatuh akhirnya dapat ditangkap warga lalu diserahkan ke Mako Polsek Tebing sekira pukul 00.00 WIB,” kata Budi Hartono, Rabu (23/8/2017) siang.

Budi menyebut, untuk kasus ini korban bernama Oai Hiong tidak membuat Laporan Polisi (LP), hal itu dikarenakan kipas AC yang dicuri sudah rusak dan karena pelaku masih di bawah umur.

“Korban Oai Hiong tidak mau membuat laporan karena kipas AC tersebut sudah rusak, juga karena kasihan YS masih di bawah umur, hanya dibuat surat pernyataan saja dan berharap Ys tidak mengulangi perbuatannya lagi,” ucap Budi Hartono.

Sementara itu, Budi menjelaskan, YS nekat mencuri kipas AC tersebut hanya untuk membeli lem dan untuk jajan saja.

“sesuai pengakuan YS motifnya hanya untuk membeli lem dan jajan saja,” jelas Budi.

Menurut Kapolsek Tebing, AKP Budi Hartono, pemicu sering terjadinya tidak pidana pencurian di Karimun yang melibatkan anak di bawah umur adalah ketergantungan narkoba, perekonomian yang lesu dan banyaknya pengangguran di Karimun.

“Ini menjadi perhatian kita bersama berkaitan dengan ketergantungan narkoba, ditambah lagi perekonomian yang lesu dan banyaknya pengangguran di Karimun, sepertinya pemicu sering terjadinya tindak pidana pencurian,” ujarnya. (ian)