Salah satu nomor polisi kendaraan yang unik. (internet)
Salah satu nomor polisi kendaraan yang unik. (internet)

Karimun, Lendoot.com – Banyak masyarakat yang terperangah melihat nomor polisi kendaraan yang unik dan menarik. Ada yang mengira memiliki pelat nomor kendaraan dengan angka atau huruf yang unik itu melanggar hukum. Nyatanya tidak.

Informasi dari situs resmi Sekertariat Kabinet, bagi masyarakat yang bermaksud memiliki NRKB pilihan, mulai dengan 1 (satu) angka hingga 4 (empat) digit angka, baik menggunakan huruf di belakang angka-angka tersebut maupun tidak menggunakan huruf, maka Anda mudah saja mendapatkannya.

Dalam Peraturan Pemerintah (PP) nomor 60 Tahun 2016, tentang jenis dan tarif atas jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia, juga sudah diatur mengenai biaya penerbitan Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB) pilihan tersebut.

Caranya? Untuk  mendapatkan angka atau huruf cantik siapkanlah uang mulai dari Rp 5 juta sampai kisaran Rp 20 juta untuk membayar nomor polisi kendaraan bermotor yang Anda sukai. Dalam lampiran PP tersebut ada rincian mengenai besaran biaya NRKB.

Untuk dua angka tidak ada huruf di belakang angka tarifnya sekitar Rp 15 juta. Sementara untuk dua angka dan ada huruf di belakang angkanya, bertarif Rp 10 juta. Untuk 3 angka tidak ada huruf di belakang angka dikenakan tarif Rp 10 juta, sementara untuk 3 angka ada huruf di belakang angka dikenakan tarif Rp 7,5 juta.

Untuk 4 angka tidak ada huruf di belakang angka dikenakan tarif Rp 7,5 juta, sementara untuk 4 angka ada huruf di belakang angka dikenakan tarif Rp 5 juta.

Menurut PP ini, seluruh PNBP yang berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) itu wajib disetor langsung secepatnya ke Kas Negara. (*/sjs)