Karimun, Lendoot.com – Kantor Imigrasi Kelas II Tanjungbalai Karimun, pulangkan 20 TKI ilegal yang diamankan petugas patroli Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Khusus Kepri di Perairan Kabil, Batam beberapa hari yang lalu.

Kasi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian (Kasi Wasdakim) Kantor Imigrasi Kelas II Tanjung Balai Karimun, Berti Mustika yang dikonfirmasi mengatakan pemulangan dilakukan sehari setelah di limpahkan, atau tepatnya, Kamis (13/4/2017).

“Bea dan Cukai menegah pada Rabu pagi dan melimpahkan pada kita Rabu siang. Hari Kamisnya sudah kita pulangkan,” kata Berti, Rabu (18/4/2017).

Puluhan TKI ini dikembalikan ke daerah asalnya setelah diperiksa. Sebagian besar TKI yang diamankan ini berasal dari Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT) dan sisanya dari pulau Jawa.

“Tiga diantaranya perempuan dan 17 lain laki-laki. Mereka berasal dari Sulawesi, Pulau Jawa, Lombok dan Sumatera,” ucap Berti.

Dari hasil pemeriksaan pihak Kantor Imigrasi, mereka merupakan TKI ilegal yang bekerja di Malaysia. Beberapa diantaranya memiliki paspor dan sebagian lagi tidak. Namun keseluruhan memiliki KTP yang menyatakan mereka adalah Warga Negar Indonesia (WNI).

Berti menambahkan, berkas ke 20 TKI ilegal ini telah dimasukan ke dalam daftar Kepala Kantor yang diajukan pada Dirjen Imigrasi. Selanjutkan mereka akan ditangguhkan selama dua tahun untuk pembuatan paspor.

“Yang punya paspor kita tahan paspornya. Tapi semuanya masuk daftar,” ujarnya. (ian)