Petugas Imigrasi Karimun saat melakukan pengawasan orang asing di pulau Telunas
Petugas Imigrasi Karimun saat melakukan pengawasan orang asing di pulau Telunas (Riandi)

Karimun, Lendoot.com – Kantor Imigrasi Kelas II Tanjungbalai Karimun membentuk anggota Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) yang tergabung dari seluruh FKPD dan SKPD Kabupaten Karimun, Rabu (25/4/2018).

Kasi Wasdakim Kantor Imigrasi Kelas II Tanjungbalai Karimun, Baran Daru mengatakan, kegiatan tersebut dalam rangka menindaklanjuti rapat Timpora Kabupaten Karimun pada tanggal 6 Maret 2018 dalam upaya penegakan hukum serta memberikan pembinaan hukum terhadap orang asing khususnya di wilayah kerja Kabupaten Karimun.

“Oleh karena itu, kita mengadakan kegiatan operasi bersama oleh tim pengawasan orang asing Kabupaten Karimun yang terdiri dari instansi termasuk dalam gabungan Timpora,” ujarnya.

Daru mengatakan, dalam hal ini timnya melakukan tugas pengawasan keimigrasian terhadap keberadaan dan kegiatan orang asing terkait dokumen keimigrasian yang dimilikinya pada lokasi atau tempat yang diduga mempekerjakan warga negara asing di wilayah Kabupaten Karimun.

“Gabungan Timpora kita melakukan pengecekan serta pembinaan ke pada orang asing di wilayah Pulau Telunas, Kecamatan Moro dan Komplek timah, Kundur Barat.

Daru menambahkan, dalam pelaksanaan tersebut tim gabungan tidak menemukan dugaan adanya dukumen warga negara asing yang dianggap telah menyalahi aturan keimigrasian yang berlaku.

“Dari hasil timpora yang kita lakukan di dua tempat tadi, kita melihat para warga negara asing tersebut sudah mulai mengikuti peraturan-peraturan keimigrasian yang telah berlaku,” ujarnya. (Riandi)