Petugas Imigrasi Kelas II Tanjungbalai Karimun menunjukkan WNA Singapura saat ditahan di ruang Detensi
Petugas Imigrasi Kelas II Tanjungbalai Karimun menunjukkan WNA Singapura saat ditahan di ruang Detensi (Istimewa)

Karimun, Lendoot.com – Kantor Imigrasi Kelas II Tanjungbalai Karimun mengamankan seorang warga negara Singapura bernama Toh tiong Beng Glenn (63). Ia diamankan karena melanggar keimigrasian dengan menggunakan paspor visa kunjungan untuk berjualan di kawasan Balai.

Kasi Wasdakim Kantor Imigrasi Kelas II Tanjungbalai Karimun, Bherti Mustika mengatakan penangkapan berawal dari penelusuran pihaknya. Setelah didatangi dan diperiksa, ternyata Toh tiong Beng Glenn hanya mengantungi visa kunjungan.

“Awalnya dari intelijen kita. Setelah diperiksa ternyata dia pakai visa kunjungan. Dia pemilik dan tukang masak di foodhouse sebelah karaoke Bingo,” kata Berthi Mustika, Selasa (5/9/2017).

Berthi menyampaikan, dari hasil pemeriksaan, Toh tiong Beng Glenn baru tinggal dan berjualan di Foodhouse selama tiga hari. Namun karena memiliki gerai makanan, diduga Ia telah lama keluar masuk Karimun.

“Menurut pengakuan dia, baru tiga hari berjualan di situ,” ucap Berthi.

Bherti menyebutkan jika Toh Tiong Beng Glenn telah melanggar Pasal 75 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian. Rencananya pihaknya akan mendeportasi warga negara Singapura tersebut sore ini, Selasa (5/9/2017).

“Sore ini pukul 17.00 WIB kita akan deportasi ke negara asalnya,” ungkapnya. (ian)