Karimun, Lendoot.com – Tim Pengawasan dan Penindakan Kantor Imigrasi Kelas II Tanjungbalai Karimun mengamankan tiga orang Tenaga Kerja Asing (TKA) di komplek perkantoran PT Saipem, Selasa (27/3/2018).

Ketiga TKA tersebut dua diantaranya warga negara India yakni VN dan SKT, sementara satu orang yaitu GDC warga negara Australia.

PLH Kepala Seksi Wasdakim Kantor Imigrasi Kelas II Tanjungbalai Karimun Kristian mengatakan, ketiga TKA tersebut adalah pemegang izin tinggal terbatas yang dikeluarkan oleh Kantor Imigrasi Batam dan bekerja di salah satu perusahaan swasta di Kota Batam.

“Ketiga TKA tersebut kita amankan karena hanya memiliki izin tinggal di Batam. Mereka bertiga ini bekerja di salah satu perusahaan swasta di Kota Batam, VN sebagai Mechanical Advisor, SKT sebagai Quality Control Advisor dan GDC sebagai Safety Manager,” katanya saat menggelar rilis, Rabu pagi (28/3/2018).

Sementara itu, Kepala Seksi Informasi Sarana Komunikasi Keimigrasian (Insarkomkim) Ryawantri Nurfatimah mengatakan, diketahui ketiga TKA tersebut berada di PT Saipem untuk melakukan meeting.

“Dari hasil pemeriksaan, ketiga TKA ini mewakili perusahaan yang di Batam datang ke PT Saipem Karimun untuk melakukan meeting atau pertemuan,” katanya.

Rya menambahkan, ketiga TKA ini telah melanggar pasal 75 ayat 1 serta pasal 122 huruf a Undang-undang No 6 Tahun 2011 tentang keimigrasian yaitu, setiap orang asing yang dengan sengaja menyalahgunakan atau melakukan kegiatan yang tidak sesuai dengan maksud dan tujuan pemberian izin tinggal yang diberikan kepadanya.

“Saat ini ketiga TKA ini masih dilakukan pemeriksaan secara intensif di kantor imigrasi Tanjungbalai Karimun,” ucapnya. (Riandi)