Ilustrasi imigran ilegal.
Ilustrasi imigran ilegal. (istimewa)

Karimun, Lendoot.com – Dalam dua pekan di awal Januari 2017 ini, Kantor Imigrasi Kelas II Tanjungbalai Karimun telah mendeportasi sebanyak lima orang warga negara asing (WNA).

Mereka dideportasi karena berbagai pelanggaran mulai dari penipuan izin tinggal dan juga masalah narkoba. Ini diungkapkan Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Tanjungbalai Karimun, Mas Ari saat ditemui di kantornya, Senin (30/1/2017).

“Sejak Januari ini, kita sudah mendeportasi sebanyak lima WNA. Dan itu kurang lebih dilakukan dalam waktu dua pekan di Januari 2017,” kata Mas Ari.

Ari menjelaskan, kelima orang yang dideportasi tersebut merupakan dua orang warga negara Tiongkok (Cina) dengan kasus pelanggaran penipuan tindak pidana umum. Dua warga lagi dari Malaysia dengan kasus narkoba, dan satu lagi warga negara Myanmar dengan kasus pelanggaran izin tinggal.

“Dari lima orang yang dideportasi tersebut pelanggarannya bermacam-macam, ada yang karena pelanggaran tindak pidana umum, kasus pelanggaran ijin tinggal dan kasus narkoba,” jelas Ari.

Sementara itu dari data Kantor Imigrasi Kelas II Tanjungbalai Karimun, jumlah kedatangan per 1-25 Januari 2017 Warga Negara Indonesia ke Tanjungbalai Karimun sebanyak 15.090 orang.

Sementara untuk WNA sebanyak 4.754.orang, sedangkan untuk keberangkatan WNI sebanyak 16.456 dan WNA 5.059. (ian)