Kepala Rutan Karimun, Eri Erawan saat ditemui di ruang kerjanya (ian)
Kepala Rutan Karimun, Eri Erawan saat ditemui di ruang kerjanya (ian)

Karimun, Lendoot.com – Sebanyak 15 orang narapidana di Rumah tahanan (Rutan) Kelas II Tanjungbalai Karimun menerima remisi langsung bebas dari Kemenkumham pada Peringatan Hut RI ke-72 Tahun.

Kepala Rutan Kelas II Tanjungbalai Karimun, Eri Erawan mengatakan pihaknya, mengusulkan sebanyak 178 narapidana untuk mendapatkan remisi umum atau pemotongan masa tahanan.

“Tahun ini yang kita ajukan ada 178 nama, tapi yang memenuhi syarat administrasi hanya 163 orang. Sementara untuk 15 orang langsung bebas, namun masih dalam pengusulan,” kata Eri, Senin (14/8/2017).

Eri menyebut, pengusulan remisi tersebut hanya bersifat sementara. Untuk kepastian penerima remisi baru akan diterima pihaknya H-2 sebelum 17 agustus dari Kemenkumham.

“Ini masih pengusulan, pastinya kita menunggu hasil dari pusat. Karena biasanya akan turun hasil dua hari menjelang pembacaan remisi,” ucapnya.

Eri meminta kepada masyarakat untuk dapat menerima para napi yang sudah dinyatakan bebas nantinya agar mereka dilingkungan masyarakat tidak merasa diasingkan. Sebab warga binaan yang tidak dapat diterima dimasyarakat akan berpotensi kembali melakukan tindak kriminal. (ian)