Karimum, Lendoot.com – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Kabupaten Karimun peringati Hari Bakti Dokter Indonesia (HBDI) ke-109 tahun.

IDI mengisi peringatan hari jadinya dengan kegiatan sosial. Memberikan bantuan, berupa pengobatan gratis dengan memberikan salep obat anti penyakit kulit skabies, penyuluhan perilaku hidup sehat, dan membudayakan memakan makanan yang sehat seperti ikan dan sayur untuk kesehatan dan pertumbuhan.

Kegiatan tersebut berlangsung di Pondok Pesantren Salafiyah Darul Taufiq, Kelurahan Sei Raya, Kecamatan Meral. Yang di hadiri Camat Meral, Kepala Puskesmat Meral, Danramil serta ketua RT setempat.

Ketua panitia dalam kegiatan tersebut
dr Dessy Suryamanja Indah mengatakan, aebagai bentuk kepedulian dan pengabdian para dokter untuk meningkatkan kesehatan di lingkungan masyarakat khususnya di Karimun.

“Hidup sehat sangatlah penting, menjaga sanitasi lingkungan di sekitar, membudayakan makan sayur, buah dan ikan untuk pertumbuhan badan yang sehat, Pengobatan penyakit Kulit Skabies, khususnya untuk para santri di lingkungan pondok pesantren,” ungkapnya, Senin (2/4/2017).

Dr Dessy menambahkan momentum kegiatan yang seperti ini penyuluhan diharapkannya berdampak kepada pola cara berfikir dan faktor kejiwaan yang condong akan melakukan sesuatu hal yang negatif. Ini peran bersama masyarakat untuk menginformasikan dan menghimbau kepada masyarakat maupun santri dan santriwati, serta usia anak masa sekolah.

“Pola hidup sehat sangatlah penting, bahaya narkoba terhadap psikologis kejiwaan, dan kebiasaan merokok kalau bisa dihindari karena akan berdampak pada kesehatan,” jelasnya.

Ketua Pondok Pesantren Salafiyah Darul Taufiq. H.M Ibrahim Efendy SE mengungkapkan, pihaknya sangat menyambut sekali dengan adanya kegiatan yang diadakan oleh IDI Cabang Karimun tersebut.

Pasalnya ini besar manfaatnya bagi para santri dan santriwati, karena mereka bisa menambah wawasan, dan pengetahuan, untuk bisa berjalan pada jalan kehidupan yang sehat. Dan ke depannya IDI bisa melakukan hal-hal besar dalam pengabdiannya kepada masyarakat yang bisa membantu banyak orang.

“Dengan diberikan bekal pengetahuan dari kegiatan IDI ini sangat bermanfaat sekali untuk para santri dan santriwati, untuk kedepannya bisa menjalani kehidupan yang jauh lebih sehat,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut IDI menyerahkan bantuan berupa empat buah tempat sampah, dan membangun dua tempat cuci piring, yang resmikan langsung oleh Camat Meral Irwan Dinovri dan Ketua IDI Cabang Karimun. (amr)